Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binatang Juga Berpelukan, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 29/11/2022, 18:25 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Berpelukan adalah insting alami untuk mencari kenyamanan, kehangatan dan kebahagiaan.

Dalam dunia manusia, berpelukan juga menjadi salah satu cara menyalurkan cinta antar sesama.

Lantas bagaimana dengan makhluk lain? Apakah binatang juga bisa mengekspresikan kebutuhan emosinya lewat pelukan?

Dilansir dari Livescience (3/6/2021), berpelukan adalah kata kerja yang mengisyaratkan seseorang melingkarkan kedua lengannya ke tubuh orang lain.

Ketika berpelukan harus menggunakan kedua lengan, maka binatang yang kemungkinan besar bisa melakukan pelukan hanyalah primata, yang memiliki anatomi mirip manusia.

Apakah itu berarti hewan lain tak bisa berpelukan? Ternyata tidak. Hampir semua spesies hewan ternyata bisa berpelukan, dengan cara khasnya masing-masing.

Baca juga: Mengenal Ming, Hewan Tertua di Dunia Berusia 507 Tahun


 

Pelukan ala primata

Zanna Clay dari Durham University di Britania Raya telah meneliti perilaku dan psikologi dari primata bonobo atau simpanse kerdil di taman suaka di Republik Kongo.

Di taman suaka tersebut, Clay melihat bahwa para anak-anak bonobo yang kehilangan induknya sering berjalan bersama dengan melingkarkan lengan seolah berpelukan.

Lewat penelitian yang dilakukan cukup lama, diketahui bahwa para anak simpanse tersebut melakukan hug walk atau berjalan dengan berpelukan untuk mencari dan memberi kenyamanan satu sama lain.

Perilaku ini hanya bisa didapatkan di taman suaka, tidak di alam bebas. Bisa jadi, anak-anak simpanse ini meniru perilaku dari para manusia yang ada di taman suaka yang merawat mereka.

 Bonobo, spesies primata anggota genus simpanse, juga ikut campur urusan asmara anak mereka.
Newsweek Bonobo, spesies primata anggota genus simpanse, juga ikut campur urusan asmara anak mereka.

Namun dalam penelitian lebih lanjut juga didapatkan, bonobo betina sebenarnya juga selalu menunjukkan afeksi dengan memeluk anaknya, meski di alam liar sekalipun.

Ketika ada bonobo yang ketakutan, secara otomatis bonobo dewasa akan menjulurkan kedua lengannya untuk menawarkan pelukan dan perasaaan aman juga nyaman.

Penelitian lain menunjukkan fakta bahwa spesies primata lain juga menunjukkan perilaku yang hampir sama, seperti simpanse.

Ketika ada ancaman predator, sekumpulan simpanse biasa menunjukkan perilaku saling berdekatan dan melingkarkan lengan ke tubuh simpanse yang lain.

Baca juga: 7 Fakta Unik Binatang yang Memicu Haru

Pelukan ala kuda, singa, anjing dan kucing

Kuda akan menggosokkan kepala satu sama lain untuk mencari kenyamanan.Unsplash/Patrick Schneider Kuda akan menggosokkan kepala satu sama lain untuk mencari kenyamanan.
Lantas bagaimana dengan binatang lain yang tak memiliki tangan layaknya manusia dan binatang primata? Apakah mereka tak mengenal pelukan?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com