Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kali Gempa di Purwakarta, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 14/11/2022, 10:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya tiga kali gempa yang melanda wilayah Purwakarta, Jawa Barat. 

Gempa tersebut tercatat terjadi pada Minggu (13/11/2022) pukul 22.41 WIB, disusul gempa yang terjadi pada Senin (14/11/2022) pukul 01.13 WIB, dan Senin (14/11/2022) pukul 02.41 WIB.

Berdasarkan catatan BMKG, gempa pertama memiliki magnitudo 4,1 M sedangkan gempa kedua memiliki magnitudo 3,3 M, dan gempa ketiga memiliki magnitudo 2,8 M.

"Rangkaian 3 gempa guncang Cirata, Purwakarta, Cianjur: Mag. 4.1 (Pkl.22:41:14 WIB), Mag. 3,3 (Pkl. 01:13:57 WIB), Mag 2,8 (Pkl. 02:41:30 WIB)," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Senin Dini Hari, Akibat Sesar Lokal


Topik “Purwakarta” sempat menjadi trending di Twitter pada Senin (14/11/2022) pagi.

Terkait dengan gempa yang terjadi di Purwakarta, Daryono mengatakan, aktivitas gempa di Purwakarta dipicu oleh aktifitas sesar Cirata.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa di Purwakarta termasuk jenis gempa bumi dangkal.

Dampak gempa

Dampak gempa pertama dengan magnitudo 4,1 M dirasakan di sejumlah wilayah di Purwakarta hingga Bandung, Jawa Barat dengan skala intensitas:

  • Wilayah Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)
  • Di Bogor, Subang, dan Bekasi dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

Sementara itu, gempa kedua dengan magnitudo 3,3 M dirasakan di Purwakarta dengan skala II MMI.

Sedangkan gempa ketiga yang terjadi dengan magnitudo 2,8 M dirasakan di Purwakarta dengan skala intensitas I - II MMI. 

Baca juga: Pesisir Selatan Jawa Berpotensi Gempa M 8,9 dan Tsunami 34 Meter

Gempa Garut

Wilayah Garut, Jawa Barat juga diguncang beberapa kali gempa. Di antaranya gempa yang melanda Garut hingga Cilacap pada pada Minggu (13/11/2022) pukul 22.40 WIB dengan magnitudo 5,4 M.

Gempa di Garut merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Gempa di Garut dirasakan dengan skala intensitas:

  • Di daerah Cilacap, Kebumen, Garut Selatan, dan Tasikmalaya dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu )
  • Pangandaran dengan skala intensitas I-II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com