Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Lanjutan Teka-teki Angkamologis

Kompas.com - 21/10/2022, 05:41 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

NASKAH ini memang saya tulis terbatas hanya bagi para penggemar teka-teki angkamologis sebagai lanjutan serial teka-teki angkamologi yang telah dimuat oleh Kompas.com.

Bagi pembaca yang bukan penggemar teka-teki angkamologis silakan berhenti membaca sampai di sini saja agar tidak menimbulkan dampak kebosanan bahkan kejengkelan.

Teka-teki angkamologis pertama relatif mudah, yaitu:

1. Buat ekuasi atau rumusan aritmatikal dengan menggunakan lima angka 3 sehingga hasilnya sama dengan 37.

2. Teka-teki angkamologis ke dua sebenarnya tidak sulit-sulit amat, yaitu: Buat rumusan aritmatikal dengan menggunakan lima angka 4 sehingga hasilnya sama dengan 55.

3. Teka-teki ke tiga relatif sulit bagi yang belum pernah mengenalnya, yaitu: Angka apa sebagai susulan sekuensa 17, 19, 23, 29, ? (Jawaban yang benar ada dua)

4. Teka-teki ke empat relatif mudah bagi yang sudah pernah mengenalnya, yaitu: Amir dilahirkan pada tanggal 1 bulan 1 tahun 1965. Ketika 35 tahun kemudian Amir merayakan hari kelahiran dirinya berarti perayaan tersebut diselenggarakan pada abad XX atau abad XXI?

5. Teka-teki angkamologis ke lima bisa mudah, bisa sulit tergantung pada kemampuan logika aritmatikal yang berhasil atau gagal memecahkannya:
Lima ekor burung gagak hitam bertengger di atas rumah Petruk bersama enam ekor burung gagak putih. Setelah seekor gagak ditembak mati oleh senapan angin kaliber besar Petruk berapa tersisa burung gagak hitam dan putih yang bertengger di atas rumah Petruk.

6. Namun harus diakui bahwa teka-teki nomor enam paling sulit:
Yudistira lebih tua 3 tahun dari Bima yang lebih tua empat tahun ketimbang Arjuna yang lima tahun lebih tua ketimbang Nakula dan Sadewa yang kembar, maka usianya sama tahun satu dengan lainnya. Berapa tahun usia Semar?

Jawaban terhadap lima teka-teki angkamologis di dalam naskah ini adalah sebagai berikut :

  1. 33+3+3/3=37 atau (333/3)/3=37
  2. 44+44/4=55 atau siapa tahu Anda punya solusi lain?
  3. 31 jika yang digunakan adalah sekuensa angka prima 37 jika yang digunakan adalah sekuensa angka yang selalu bertambah 2, yaitu 2,4,6 maka kemudian 8 sehingga 29+8=37.
  4. 35 tahun kemudian berarti Amir merayakan hari kelahiran dirinya yang ke-35 kali pada tanggal 1 Januari 1999 bukan 2000 berarti perayaan tersebut diselenggarakan pada abad XX apalagi akibat abad XXI baru dimulai pada tanggal 1 Januari 2001 akibat tidak ada yang namanya tahun nol.
  5. Tidak ada yang tersisa bertengger di atas rumah sebab setelah mendengar suara tembakan serta melihat seekor gagak jatuh akibat mati tertembak maka seluruh burung gagak langsung kabur terbang semua untuk menyelamatkan diri masing-masing.
  6. Sebaiknya tanya saja langsung ke Semar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com