Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Perkara Ribut di Pesawat Turkish Airlines hingga Penumpang Diturunkan di Medan

Kompas.com - 14/10/2022, 12:58 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah video yang menunjukkan keributan di pesawat Turkish Airline, viral di media sosial Instagram, Kamis (13/10/2022). 

Akibat kejadian tersebut, pesawat dari Turki menuju Jakarta tersebut harus mendarat dahulu di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara dan terlambat tiba di bandara tujuan.

Terkait dengan peristiwa ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Selasa (11/10/2022).

Baca juga: 4 Fakta WNI Mengamuk di Pesawat Turkish Airlines

Duduk perkara ribut di pesawat Turkish Airline

Endra menyebut penyebab peristiwa ini karena penumpang asal Indonesia memukul pramugara pesawat.

Dikutip dari Kompas.com, Kamis 13 Oktober 2022, penumpang asal Indonesia tersebut berinisial MJ (48) diduga mabuk saat berada di dalam pesawat.

"Informasi dari petugas Turkish Airlines di Bandara Soekarno-Hatta bahwa delayed terjadi karena adanya penumpang WNI di pesawat Turkish Airlines yang mabuk, kemudian memukul crew atau pramugara," kata Zulpan.

Tak terima ditegur

Zulpan menyebut pelaku memukul korban karena tak terima ditegur dan diminta untuk tertib selama berada di dalam pesawat.

Namun menurutnya MJ merespon permintaan pramugara tersebut dengan melakukan pemukulan.

"Saat di pesawat diminta tertib oleh crew atau pramugara, tetapi tidak mau. Akhirnya melakukan pemukulan kepada pramugara," kata Zulpan.

Pemukulan WNI ini memicu amarah penumpang lain di dalam pesawat Turkish Airlines. Hal ini karena pelaku dianggap arogan dan telah melakukan tindakan yang bisa mengganggu penerbangan.

Pesawat terpaksa mendarat di Kaualanamu

Keributan pun terjadi di dalam pesawat. Menurut Zulpan pelaku mengalami sejumlah luka sehingga harus mendapat perawatan.

"Pemukulan kepada crew atau pramugara itu memancing amarah penumpang lainnya untuk memukul pelaku yang mabuk sampai mengalami luka-luka," sebut Zulpan.

Pihak maskapai akhirnya mendarat terlebih dahulu di Bandara Kualanamu dan penumpang tersebut diturunkan.

Penumpang kemudian dibawa ke Klinik Bandara Kualanamu untuk mendapat perawatan dan untuk dimintai keterangan.

"Karena terjadi kegaduhan di atas pesawat, kemudian pesawat Turkish Airlines menurunkan penumpang WNI yang luka di Bandara Kualanamu," kata Zulpan.

Baca juga: Istri Pilot Lion Air yang Diusir dari Pesawat Turkish Airline Buka Suara: Suami Saya Tidak Mabuk dan Hanya Membela Diri


Pembelaan pelaku

Pilot Supri Abu, membela rekannya MJ terkait kegaduhan yang terjadi di Pesawat Turkish Airline pada Selasa (11/10/2022) lalu. Menurut Supri, MJ dipukul terlebih dahulu saat itu sehingga MJ pun membela dirinya dan terjadilah cekcok tersebut.KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Pilot Supri Abu, membela rekannya MJ terkait kegaduhan yang terjadi di Pesawat Turkish Airline pada Selasa (11/10/2022) lalu. Menurut Supri, MJ dipukul terlebih dahulu saat itu sehingga MJ pun membela dirinya dan terjadilah cekcok tersebut.

Sementara itu, dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (14/10/2022) pelaku yang merupakan pilot Lion Air ini buka suara.

Dalam pembelaannya MJ mengatakan, ia terlebih dahulu diserang oleh pramugara Turkish Airlines.

Sementara menurut Supri Abu yang merupakan rekan MJ sesama pilot, mulanya MJ hendak shalat Subuh.

Ia kemudian melihat ada penumpang lain membawa anjing yang disembunyikan di balik selimut. Anjing itu kemudian melompat dan menjilat celana MJ.

"Beliau muslim taat selalu menjaga wudunya, tentu saja orang seperti ini sangat terganggu dengan kondisi seperti itu," ujar Supri.

MJ kemudian menegur pramugara dan mempertanyakan mengapa anjing ini tak berada dalam kendang. MJ kemudian berusaha membela diri saat dituding sebagai penumpang yang mengganggu.

"Terjadi mungkin adu argumen yang keras yang menyebabkan korban dipukul duluan, di situ beliau membela diri. Enggak tahu kenapa penumpang lain ikut memukul korban," kata Supri.

Supri mengatakan beberapa penumpang kemudian ikut memukul MJ bahkan ada penumpang yang menusuk MJ dengan pisau makan hingga kepalanya berdarah.

"Ujung-ujungnya beliau pasrah, mungkin dianggap penumpang tidak bisa diatur. Beliau diikat, setelah bonyok diikat. Mungkin beredar video beliau membela diri," ujar Supri.

Baca juga: Kronologi Keributan di Pesawat Turkish Airlines Versi Pilot Lion Air, Berawal Protes Anjing Berkeliaran

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com