Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fenomena Fast Fashion, Ciri-ciri, dan Dampaknya

Kompas.com - 15/09/2022, 11:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.comFast fashion adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan model bisnis industri pakaian yang mereplikasi tren catwalk terbaru dan desain mode tinggi, memproduksinya secara massal dengan biaya rendah, dan membawanya ke toko ritel dengan cepat, saat permintaan sedang tinggi.

Apa itu fast fashion

Dikutip dari Investopedia, (13/7/2022), fast fashion adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan desain pakaian yang diproduksi cepat ke toko untuk memanfaatkan tren.

Koleksinya sering didasarkan pada gaya yang disajikan di peragaan busana Fashion Week atau dikenakan oleh selebriti.

Mode cepat memungkinkan konsumen arus utama untuk membeli tampilan baru yang hype atau hal besar berikutnya dengan harga yang terjangkau.

Harga terjangkau dan kepuasan instan bagi konsumen, lebih banyak keuntungan bagi perusahaan, dan demokratisasi pakaian bergaya adalah di antara keuntungan fast fashion.

Sisi negatifnya, fast fashion juga diasosiasikan dengan polusi, limbah, penyebaran mentalitas "sekali pakai", upah rendah, dan tempat kerja yang tidak aman.

Baca juga: Fast Fashion, Tren Mode yang Lestarikan Sifat Konsumtif?

Ciri-ciri fast fashion

Dikutip dari jurnal yang ditulis Chanifathin Nidia dan Ratna Suhartini dari Universitas Negeri Surabaya, disebutkan ciri-ciri bisnis fast fashion menurut Tokatli sebagai berikut: 

  1. Bisnis fast fashion berusaha memasukkan produk di pasar dengan segera. Bisnis fast fashion meningkatkan jumlah pengecer/ritel di seluruh dunia sehingga semakin dapat menjangkau semakin banyak pelanggan;
  2. Ada kebutuhan untuk menghubungkan permintaan pelanggan dengan operasi hulu desain, pengadaan, produksi dan distribusi;
  3. Fast fashion membutuhkan siklus pengembangan pendek, prototyping cepat, dan banyak variasi sehingga pelanggan ditawarkan desain terbaru dalam jumlah terbatas; dan
  4. Rantai pasokan yang sangat cepat dan sangat responsif. 

Baca juga: Jangan Cuma Belanja Pakaian, Ketahui Juga Dampak Fast Fashion pada Lingkungan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com