Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Rasuna Said yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Kompas.com - 14/09/2022, 09:22 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ilustrasi Rasuna Said muncul di google doodle hari ini. Hal ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-112 pahlawan perempuan asal Sumatera Barat tersebut yang jatuh pada Rabu (14/9/2022).

Dalam logo Google, Rasuna Said diilustrasikan mengenakan kacamata dan kerudung yang menutupi kepalanya.

Dia tampak sedang memegang sebuah mikrofon yang menyerupai huruf "O" pada kata "Google". Adapun latar belakang ilustrasi itu memperlihatkan deretan carik kertas dan beberapa perempuan berkerudung yang berkumpul.

Dipadukan dengan warna dominan biru dan merah jambu serta sentuhan cokelat, ilustrasi tersebut semakin unik dan menarik.

Namun, siapakah Rasuna Said yang terpampang di google doodle hari ini?

Baca juga: Selain Mangkuk Ayam Jago, Ini Sederet Ikon yang Pernah Tampil di Google Doodle

Profil Rasuna Said

Perempuan yang lebih dikenal dengan panggilan Rasuna Said itu memiliki nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said yang lahir di Desa Panyinggahan, Maninjau, Agam, Sumatera Barat, pada 14 September 1910.

Rasuna Said adalah wanita pejuang kemerdekaan keturunan bangsawan Minang yang vokal menyuarakan adanya persamaan hak antara pria dan wanita, terutama di masalah pendidikan.

Ayahnya, Haji Muhammad Said merupakan saudagar Minangkabau yang pernah menjadi aktivis pergerakan di Sumatera Barat.

Baca juga: Mangkuk Ayam Jago Google Doodle Hari Ini, Berikut Sejarah dan Maknanya

Pendidikan Rasuna Said

Meskipun lahir dari keluarga terpandang dan memiliki "privilege", Rasuna Said memilih untuk bersekolah di desa yang tak jauh dari rumah, tepatnya di tepian Danau Maninjau selama 1916-1921.

Dikutip dari Kompas.com (2021), setelah lulus dari pendidikan dasarnya itu, Rasuna Said melanjutkan menuntut ilmu ke Pesantren Ar-Rasyidiyah di bawah pimpinan Syekh Abdul Rasyid. Dia menjadi satu-satunya santri perempuan di sekolah tersebut.

Pada 1923, Rasuna masuk ke Sekolah Diniyah di Padang Panjang, pondok pesantren modern khusus putri.

Saat itu, dia bertemu dengan Rahmah El Yunusiyyah, tokoh gerakan Thawalib (organisasi massa Islam) yang dibangun oleh kaum reformis Islam di Sumatera Barat.

Rasuna Said lahir 14 September 1910 di Desa Panyinggahan, Maninjau, Agam, Sumatera Barat.Dokumen nationalgeographic Rasuna Said lahir 14 September 1910 di Desa Panyinggahan, Maninjau, Agam, Sumatera Barat.

Namun pada 1930, Rasuna memutuskan untuk berhenti karena perbedaan gagasan. Menurutnya, kemajuan kaum wanita tidak hanya didapat dari mendirikan sekolah, melainkan disertai perjuangan politik.

Lepas dari Sekolah Diniyah, Rasuna memilih masuk ke sekolah Sumatra Thawalib di bawah pimpinan Haji Udin Rahmani.

Di sinilah kepribadian Rasuna Said sebagai pejuang terbentuk. Dia ditempa untuk mengikuti latihan debat dan pidato. Bahkan Rasuna Said dikenal sebagai orator ulung yang cerdas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com