Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Kompas.com - 01/08/2022, 10:06 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki perut buncit layaknya mimpi buruk bagi sebagian wanita. Oleh karena itu, para wanita akan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan perut buncit.

Bukan hanya memperburuk tampilan, memiliki perut buncit juga dapat memicu berbagai risiko penyakit.

Dilansir dari laman Harvard Medical School (15/2/2021), perut buncit dapat menimbulkan lebih banyak bahaya bagi wanita daripada pria.

Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian dalam Journal of American Heart Association yang melibatkan 500.000 orang (55 persen di antaranya wanita), berusia 40-69 tahun di Inggris.

Baca juga: Benarkah Minum Air Dingin Menyebabkan Perut Buncit? Begini Kata Dokter

Para peneliti mengukur tubuh para peserta dan kemudian melacak siapa yang mengalami serangan jantung selama tujuh tahun ke depan.

Selama periode tersebut, wanita dengan lebih banyak berat badan di sekitar bagian tengah atau perut, memiliki risiko 10 persen hingga 20 persen lebih besar terkena serangan jantung.

Sementara itu, menurut Mayo Clinic, perut buncit pada wanita secara umum disebabkan terlalu banyak makan dan olahraga yang sedikit.

Selain itu, dapat juga karena faktor lain seperti bertambahnya usia dan menopause.

Baca juga: Ramai soal Siklus Menstruasi pada Pasien Koma, Ini Penjelasan Dokter

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita?

Cara mengecilkan perut buncit

Penyebab perut buncit bisa berasal dari kebiasan makan yang tidak sehat, seperti makan terlalu larut malam, makan keripik secara berlebihan, hingga terlalu sering jajan.Kampus Production/Pexels Penyebab perut buncit bisa berasal dari kebiasan makan yang tidak sehat, seperti makan terlalu larut malam, makan keripik secara berlebihan, hingga terlalu sering jajan.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari olahraga rutin, mengonsumsi makanan yang baik, serta gaya hidup yang sehat.

Berikut cara mengecilkan perut buncit pada wanita, sebagaimana dikutip Healthline:

1. Konsumsi serat larut

Serat larut atau soluble fiber dapat menarik air ke dalam usus yang akan melunakkan tinja dan membantu buang air besar (BAB) lebih teratur.

Bukan hanya itu, serat jenis ini juga dapat membantu melawan lemak perut.

Seperti dalam penelitian di lebih dari 1.100 orang dewasa, ditemukan bahwa setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, lemak perut menurun sebanyak 3,7 persen dalam kurun waktu 5 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com