Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Alasan Jokowi Berkunjung ke China dan Bertemu Xi Jinping?

Kompas.com - 26/07/2022, 15:02 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, China pada Senin (25/7/2022) malam pukul 21.37 waktu setempat.

Jokowi dan rombongan tiba di Beijing usai menempuh perjalanan dekitar 6 jam 40 menit memakai pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Menurut jadwal, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

Apa tujuan Jokowi bertolak ke China dan bertemu dengan presiden Xi Jinping?

Baca juga: Jokowi ke China, Jadi Pemimpin Pertama yang Bertemu Xi Jinping sejak Olimpiade Beijing 2022

Alasan Jokowi berkunjung ke China

Sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Jokowi ke China adalah untuk membahas mengenai sejumlah isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

Selain China, Retno menjelaskan, Presiden juga akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan.

"Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," kata Retno, dalam keterangannya pada 25 Juli 2022.

Dalam lawatan ini, Jokowi dijadwalkan akan bertemu masing-masing pemimpin negara, yakni Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Menurut Retno, ketiga negara adalah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” ujar Retno, dikutip dari Kompas.com, 25 Juli 2022.

Baca juga: Jokowi: Saya ke China, Jepang, dan Korsel, Mohon Doa dari Seluruh Rakyat...

Jokowi didampingi sejumlah Menteri

Dalam kunjungannya ke China, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri.

Sejumlah menteri itu, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Tak hanya itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.

Sejumlah pejabat yang melepas keberangkatan Jokowi dari Indonesia, yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksmana TNI Yudo Margono, dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Sesampainya di China, sebagaimana dikutip dari Kompas.com 26 Juli 2022 Jokowi disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Wu Jiang Hao, Duta Besar Republik Indonesia di Beijing Djauhari Oratmangun, dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana.

Baca juga: Jokowi Tiba di Beijing Senin Malam, Akan Temui Presiden Xi Jinping Hari Ini

Presiden pertama yang kunjungi China sejak Olimpiade 2022

Dikutip dari Kompas.com 26 Juli 2022, Jokowi adalah kepala pemerintahan pertama di dunia yang diterima Xi Jinping sejak Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada Februari 2022.

Kunjungan ini juga menjadikan Jokowi Presiden pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke China setelah beberapa wilayah China lockdown akibat Covid-19 selama beberapa bulan.

"Memang ini kunjungan tingkat tinggi pertama yang kami terima setelah Olimpiade Musim Dingin. Saya ingin katakan bahwa kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga selama Olimpiade," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian

Ia juga meyakini kunjungan tersebut akan berlangsung dengan lancar dan berhasil.

Baca juga: Dingin Trending di Twitter, Apa Penyebab Suhu Dingin Akhir-akhir Ini? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com