Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Unggahan PSPS Riau Sebut Polresta Pekanbaru Minta Rp 40 Juta untuk Biaya Keamanan Pertandingan, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 13/07/2022, 10:27 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebut Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru meminta Rp 40 juta untuk biaya keamanan pertandingan antara PSPS Riau vs Kelantan FC viral di media sosial.

Unggahan itu dibagikan akun Instagram resmi klub sepak bola PSPS Riau, @pspsriau, Selasa (12/7/2022).

Dalam unggahan itu disebutkan bahwa PSPS Riau telah mengantongi izin keramaian dari Polresta Pekanbaru yang ditandatangani pada 8 Juli 2022 oleh Kapolresta Pekanbaru.

PSPS Riau merasa keberatan dengan permintaan itu hingga memutuskan untuk membatalkan laga tersebut.

Baca juga: Viral, Video Penumpang KRL Diturunkan karena Kedapatan Ngobrol, Ini Penjelasan KAI Commuter

Berikut unggahan PSPS Riau lewat akun Instagramnya:

"POLRESTA PEKANBARU MEMINTA Rp.40,000,000 UNTUK BIAYA KEAMANAN PERTANDINGAN ANTARA PSPS RIAU FC DAN KELANTAN FC.

HARI INI, 12 JULI 2022 JAM 12.30 PIHAK POLRESTA MEMANGGIL PERWAKILAN MANAGEMENT PSPS RIAU FC UNTUK DATANG KE KANTOR POLRESTA PEKANBARU. PEMANGGILAN INI TERKAIT DENGAN KEAMANAN PERTANDINGAN.

MEREKA MENDESAK AGAR PIHAK PSPS RIAU FC MEMBAYARKAN BIAYA SEBESAR 40,000,000. KAMI MENYESALKAN MENGAPA PIHAK POLRESTA TIDAK MEMBERIKAN INFORMASI INI LEBIH AWAL.

PIHAK PSPS RIAU FC TELAH MENGANTONGI SURAT IZIN KERAMAIAN DARI POLRESTA YANG DITANDA TANGANI PADA TANGGAL 08 JULI 2022 OLEH KAPOLRESTA PEKANBARU.

ATAS HAL TERSEBUT KAMI DARI MANAGEMENT PSPS RIAU FC MENYATAKAN KEBERATAN KARNA HAL INI TIDAK BERDASAR.

BESAR KEMUNGKINAN PERTANDINGAN TIDAK DAPAT DILAKSANAKAN. KAMI BERHARAP SEMUA MASYARAKAT DAN FANS DARI PSPS RIAU BERSABAR.

TTD. TIM KOORDINATOR."

Baca juga: Ramai soal Bentrok di Babarsari, Ini Penjelasan Polisi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PSPS (@pspsriau)

Baca juga: Viral, Foto Pemotor Kena Tilang Elektronik karena Tidak Pakai Helm Saat Berkendara di Jalan Persawahan, Ini Kata Polisi

Lantas, bagaimana penjelasan pihak Polresta Pekanbaru?

Polisi bantah minta uang Rp 40 juta

Saat dikonfirmasi, Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Henky Poerwanto membantah tudingan yang menyebut pihaknya meminta uang keamanan Rp 40 juta.

"Apa yang diisukan tersebut tidak betul, sampai detik ini pihak Polresta (Pekanbaru) tidak pernah meminta uang pengamanan apalagi menerima," ujarnya, ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Henky menjelaskan, Polresta Pekanbaru saat itu telah menyiapkan 460 personel pengamanan yang sudah ada di stadion sebelum pertandingan persahabatan tersebut dimulai.

Personel Polri, baik yang diploting di dalam dan di luar stadion, imbuhnya, telah bersiap sejak pukul 14.30 WIB. Sementara pertandingan dijadwalkan digelar pukul 15.30 WIB.

"Hal itu menunjukkan Polri telah siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan persahabatan tersebut dengan aman dan nyaman," imbuhnya.

Baca juga: Viral, Video Pemakai Sandal Jepit di Depok Dapat Surat Teguran dari Polisi, Ini Penjelasannya

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Polisi Dilarang Pamer Kemewahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com