Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Pemakaman Eril

Kompas.com - 13/06/2022, 14:45 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Putra Sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (23) telah dimakamkan di Kecamatan Cimaung, Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6/2022) pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, pencarian Eril telah memakan waktu berhari-hari dengan segala daya upaya, hingga akhirnya jenazah berhasil ditemukan oleh warga Bern di Bendungan Engehalde.

Setelah mendapati persetujuan dari sejumlah pihak dan izin dari Ridwan Kamil, jenazah Eril dapat diboyong ke Tanah Air untuk dikuburkan hari ini.

Berikut fakta pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz:

Baca juga: Masyarakat Diizinkan Ziarah ke Makam Eril, Ini Aturannya

1. Lokasi pemakaman Eril

Kedua orang tua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Ingin menghadirkan tempat peristirahatan terakhir yang terbaik untuk putra sulungnya.

Eril pun dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan yang bberalamat di Kp. Geger Beas RT.01/05 Desa CImaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

2. Diiringi ribuan masyarakat

Dikutip dari Kompas.com, Senin (13/6/2022), warga dilaporkan sudah memenuhi area luar Gedung Pakuan sejak pagi hari.

Tak hanya masyarakat umum, para pelajar pun sudah berbaris sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Selamat Jalan Aa Eril".

Kemudian, sejumlah tokoh pun terpantau hadir seperti Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman, mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan sejumlah tamu penting lainnya.

Ratusan aparat gabungan dari Kepolisian TNI, Dinas Perhubungan hingga Satpol PP turut diterjunkan.

Baca juga: Sepenggal Cinta untuk Eril dan Pidato Lengkap Ridwan Kamil Saat Pemakaman Putra Tercinta

3. Keluarga menabur bunga dan menyiram pusara

Setelah petugas selesai mengubur peti jenazah Eril, pihak keluarga terdekat langsung menaburkan bunga berwarna putih ke permukaan tanah kuburan Eril.

Disaksikan juga bahwa Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan Zara (adik Eril) memberikan siraman air pada botol kecil sebagai tanda perpisahan mereka.

4. Ucapan perpisahan Ridwan Kamil dan keluarga

Setelah memberi salam perpisahan lewat taburan bunga dan sepercik air, Ridwan Kamil menyampaikan beberapa potong ucapan perpisahan untuk Eril.

“Tentang hidup Eril rasanya terlalu singkat, tapi hidupnya singkat dan manfaat. Belum menghasilkan yang memadai tapi dicintai akbar," ucap Ridwan Kamil.

"Hidup tidak lamanya hari tapi tiap hela nafas, dipakai buat berbuat baik. Kami mengikhlaskan Eril pergi. Kami menyadari Allah mencukupkan kehidupannya. Mungkin berat kami tidak akan pernah melihat jasadnya untuk terakhir kali,” tambahnya.

Baca juga: Usai Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih ke Presiden Jokowi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com