Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Lengkap Ditemukannya Eril di Bendungan Engehalde Swiss

Kompas.com - 10/06/2022, 06:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penantian kepastian keberadaan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22) sudah membuahkan hasil setelah dia dinyatakan hilang pada Kamis, 26 Mei 2022.

Eril ditemukan sudah tidak bernyawa dan resmi dinyatakan meninggal dunia.

Dilansir dari akun resmi Twitter Ridwan Kamil @ridwankamil, jenazah Eril akan dibawah pulang ke Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022 dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

"Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," tulis Ridwan Kamil dalam pesan yang diunggahnya di media sosial.

Baca juga: Perjalanan Ditemukannya Jenazah Eril di Bendungan Engehalde Swiss

Berikut kronologi penemuan Eril oleh Kepolisian di Bern, Swiss.

Ditemukan pada Rabu pagi

Putra sulung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini sudah ditemukan oleh Kepolisian Kanton, Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss mengatakan bahwa kepolisian menemukan jasad laki-laki yang diduga sebagai WNI yang hilang sejak 26 Mei 2022.

Dalam konpers yang diadakan dari KBRI di Bern, Kamis (9/6/2022), dijelaskan bahwa kepolisian kantor di Bern melaporkan penemuan jasad diduga Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada 06.50 pagi waktu Swiss atau sekitar pukul 11.50 WIB.

"Ditemukannya jasad pada 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 WIB," ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad.

Baca juga: Penjelasan Dubes RI soal Penemuan Jenazah Eril

Jenazah tergeletak di Bendungan Engehalde di Bern

Bendungan Engehalde di Bern, Swiss, merupakan lokasi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (eril), anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ditemukan.Tangkapan layar KompasTV Bendungan Engehalde di Bern, Swiss, merupakan lokasi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (eril), anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ditemukan.

Dilansir dari situs resmi Kepolisian Kanton, Bern, Swiss, polisi di wilayah Bern melaporkan ada penemuan seorang pria tidak bernyawa yang tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

Awalnya, pria tidak bernyawa itu diduga merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022.

Mengetahui hal itu, spesialis dari polisi maritim dari kepolisian setempat mengambil dan menyelamatkan jasad tersebut dari bendungan.

Baca juga: Mengenal Sungai Aare di Swiss, Lokasi Hilangnya Anak Sulung Ridwan Kamil Saat Berenang

Dilakukan tes forensik

Setelah berhasil diambil, jasad kemudian dilakukan pemeriksaan forensik atau tes DNA untuk mengetahui identitas korban.

"Sesuai prosedur yang berlaku tim foresnik melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasal yang ditemukan adalah Ananda Eril," ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad dalam konpers di Bern, Kamis (9/6/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com