Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Elon Musk Ajak Warga Indonesia Pindah ke Planet Mars…

Kompas.com - 17/05/2022, 16:00 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Tesla sekaligus pendiri Space Exploration Technologies Corp Elon Musk menyebut, Indonesia memiliki populasi besar yang menurutnya bisa turut serta untuk pindah ke Mars.

Pernyataan itu disampaikan Elon ketika ditanya oleh wartawan di tengah perjumpaannya dengan Presiden Joko Widodo di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022).

"Seperti yang saya katakan, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam berbagai hal. Indonesia memiliki populasi yang besar dan populasi itu terus tumbuh. Ini sangat baik, karena kami membutuhkan banyak orang untuk masa depan dan juga (pindah ke) Mars," kata Elon, dikutip dari tayangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/5/2022).

Meski populasi besar yang dimiliki Indonesia itu menarik untuk diajak serta ke Mars, tetapi tidak ada paksaan dalam hal ini.

Elon menegaskan, siapa pun yang bersedia ikut dalam misi luar angkasa ke Mars adalah berdasarkan kesukarelaan atau menjadi relawan.

"Sukarela! kami pikir seperti itu. Jadi itu, berbasis sukarela. Anda tahu, Mars tidak berpenduduk, sehingga membutuhkan orang-orang kita," katanya.

Baca juga: Wahana Penjelajah Curiosity Potret Pintu Alien di Mars, Seperti Apa?

Proyek ambisius

Menghuni planet Merah merupakan proyek masa depan yang hingga kini probabilitasnya masih terus dicari tahu melalui berbagai penelitian luar angkasa.

Mars diyakini menyimpan jejak kehidupan yang bisa dihuni dan ditinggali ketika Bumi sudah penuh atau tak mampu lagi menampung lebih banyak manusia.

Untuk saat ini, sudah ada sejumlah pesawat ruang angkasa tanpa awak yang diluncurkan oleh berbagai negara, berhasil mendarat di Mars.

Keberhasilan pendaratan itu sekaligus memberikan informasi kepada manusia di Bumi seperti apa gambaran kondisi permukaan planet itu.

Mewujudkan angan migrasi manusia dari Bumi ke Mars juga menjadi salah satu ambisi besar dari Elon.

Dilansir dari Bloomberg, Elon menargetkan manusia akan mulai menjejakkan kaki di planet terdekat keempat dari Matahari ini, paling cepat pada tahun 2026.

Baca juga: Bukti Keberadaan Air di Mars Ditemukan Penjelajah Zhurong Milik China

Ahli sebut terlalu berisiko

Para ahli menyebut, target tersebut masih terlalu dini, karena masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai perjalanan luar angkasa.

Elon mengakui bahwa ini mengandung risiko yang tinggi.

"Sejujurnya, sejumlah orang mungkin akan mati pada permulaan," ujarnya pada sebuah wawancara dengan pendiri X Prize Foundation Peter Diamandis.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com