Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah WNI yang Rayakan Lebaran di New York, seperti di Kampung Halaman

Kompas.com - 03/05/2022, 14:45 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di kota New York, Amerika Serikat melakukan perayaan Lebaran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hirjiah.

Kisah perayaan Lebaran para WNI beragama Islam tersebut dibagikan oleh Harfa yang saat ini tinggal di New York.

Nuansa Lebaran kali ini di New York layaknya nuansa Lebaran yang dilakukan di Indonesia, hal ini dikarenakan banyaknya WNI yang melakukan perbincangan setelah shalat dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, setelah melakukan shalat Idul Fitri, para WNI di New York juga melakukan halalbihalal dengan menu makanan Indonesia seperti sate dan cendol.

Lantas, bagaimana kisah Harfa yang merayakan lebaran di New York?

Baca juga: Cerita WNI Berpuasa di New York AS, Durasi Puasa Bisa Berubah-ubah

Shalat Idul Fitri di New York

Pada Senin (2/5/2022) pagi waktu Amerika Serikat, Harfa melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmah yang merupakan masjid komunitas muslim Indonesia.

Shalat Idul Fitri berjamaah tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan selama pandemi, karena pada 2020 dan 2021 umat Islam di New York melakukan secara virtual di rumah atau kamar masing-masing.

"Jadi kita enggak pernah ada shalat Idul Fitri di masjid berjamaah terutama di 2020, di tahun 2021 udah ada beberapa masjid yang ngadain shalat Id berjamaah tentu dengan restriksi yang ketat," ungkapnya di akun YouTube Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Pada 2022 ini, WNI beragama Islam di New York dapat berkumpul bersama sanak saudara dan bertemu dengan banyak orang ketika melakukan shalat berjamaah di Masji Al-Hikmah.

Harfa merasakan, pada Lebaran kali ini suasananya seperti layaknya melakukan Lebaran di Indonesia.

Hal tersebut di karenakan 80 persen jamaah shalat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmah merupakan WNI atau keturunan WNI yang tinggal di New York.

"Kayak kita lagi ada di rumah aja gitu, lagi ada di Indonesia. Jadi seneng itu pas ke sana kita baru dateng rame banget orang-orang kedengerannya semuanya bahasa Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Para WNI Mulai Mudik dari Kuala Lumpur

Menu makanan khas Indonesia

Setelah shalat Idul Fitri, sekitar 1.000 jamaah kemudian melakukan Halalbihalal dengan berbincang-bincang dan mengadakan makan bersama dengan beberapa menu makanan Indonesia.

"Ada sate, ada salmon tapi aku enggak tau salmonnya diapain tapi itu enak banget. Kemudian juga ada cendol. ada kopi Indonesia," jelasnya.

Semua hadirin yang melakukan Halalbihalal selepas melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmah menyantap hidangan tersebut dengan khusyuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com