Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Indahnya Kerukunan Umat Beragama di Jakarta

Kompas.com - 17/04/2022, 04:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TERBERITAKAN bahwa Gereja Katedral melaksanakan Misa Jumat Agung yang dijadwalkan pukul 12.00 WIB dengan penerapan khusus online pada Jumat 15 April 2022.

Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta mengungkapkan hal tersebut dilakukan untuk menghormati umat Muslim yang menjalankan ibadah shalat Jumat di Masjid Istiqlal.

Gereja Katedral yang berlokasi di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, letaknya berseberangan dengan Masjid Istiqlal.

Kedua bangunan ibadah umat Muslim dan Kristen itu berada di dalam satu lingkup kawasan yang sama.

Gereja Katedral merayakan Jumat Agung dengan protokol kesehatan yang ketat. Jarak tempat duduk diatur, menyediakan alat suhu tubuh, tempat cuci tangan dan hand sanitizer akan tersedia di sejumlah sisi Gereja Katedral guna memutus penebaran virus Omicron.

Saya bukan umat Katolik, namun mohon ijin untuk menghormati dan menghargai umat Katolik Jakarta yang telah terbukti secara nyata menghormati dan menghargai umat Islam dengan menyelenggarakan misa Jumat Agung secara on line agar tidak mengganggu shalat Jumat umat Islam di Masjid Istiqal yang bertetangga dengan Katedral Jakarta.

Perkenan umat Katolik menyelenggarakan perayaan Jumat Agung secara on line sekaligus mematuhi protokol kesehatan menghindari kerumunan demi mengurangi risiko penularan virus Omicron.

Terima kasih dan penghargaan kepada sahabat yang sangat saya hormati, Kardinal Suharyo berkenan mengajak umat Katolik menghormati umat Islam.

Saya merasa terharu dan bangga atas sikap umat Katolik yang secara legowo dan tulus tanpa paksaan dari pihak mana pun berkenan menghormati shalat Jumat umat Islam yang layak menjadi suri teladan kerukunan umat beragama bagi seluruh umat beragama bukan hanya di seluruh Indonesia namun juga di seluruh dunia.

Kepada segenap umat Katolik di Jakarta dan di dunia, saya mengucapkan SELAMAT MERAYAKAN PASKAH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com