Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLT Minyak Goreng 2022: Jadwal Pencairan, Besaran dan Skema Penyaluran

Kompas.com - 09/04/2022, 15:00 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan kebijakan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat.

Kementerian Sosial (Kemensos) siap mendukung kebijakan pemerintah untuk melalukan penyaluran BLT minyak goreng.

Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat mengatakan bahwa BLT minyak goreng akan disalurkan melalui PT POS Indonesia.

Besaran BLT minyak goreng 2022 yang akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KMP) sebesar Rp 100.000 selama tiga bulan.

Nantinya bantuan tersebut akan disalurkan sekaligus, yang berarti per KMP akan menerima langsung Rp 300.000.

"Penyaluran akan digunakan mekanisme langsung dengan menggunakan jasa PT Pos," kata Harry, dalam konferensi pers di kanal Youtube Perekonomian RI, dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: BLT Minyak Goreng: Aturan, Syarat Penerima, dan Cara Mendapatkannya

Kapan BLT minyak goreng disalurkan?

Saat ini, Kemensos sedang mempersiapkan beberapa hal teknis untuk memastikan BLT minyak goreng dapat disalurkan tepat sasaran.

Setelah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu, BLT minyak goreng akan mulai disalurkan mulai April 2022.

Bantuan tersebut akan dilakukan pada 4 April sampai 21 April 2022 dan untuk peresmiannya telah dilakukan pada 7 April 2022.

"Kalau melihat dari tahapan yang ada kalau tiga bulan itu April, Mei dan Juni, nah ini dibayarkan langsung pada bulan April dan pencairan BLT minyak goreng akan dilakukan mulai tanggal 4 sampai 21 dan kemarin sebetulnya tanggal 7 launching-nya," ujar Harry.

Dalam penyaluran BLT minyak goreng, pihak Kemensos nantinya akan dibantu oleh Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin dan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos).

"Kemensos insya Allah siap untuk menyalurkan BLT minyak goreng ini dan diintegrasikan dalam penyaluran nanti antara, sampai tanggal 21 bersama dengan program sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT)," ungkap Harry.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah menargetkan untuk penyaluran BLT minyak goreng harus selesai dalam kurun waktu satu minggu sebelum Idul Fitri.

Baca juga: Bantuan yang Cair April 2022, dari BLT Minyak Goreng hingga BSU

Sasaran BLT minyak goreng

Dilansir dari Kompas.com, (8/4/2022), Kemensos akan menyalurkan BLT minyak goreng kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan atau secara tepat sasaran.

Sekjen Kemensos Harry Hikmat mengungkapkan bahwa penyaluran BLT minyak goreng akan didasarkan pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com