Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Tank Boat Antasena, Siap Menjaga Kedaulatan Perairan NKRI

Kompas.com - 07/02/2022, 06:57 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tank boat Antasena beberapa waktu lalu sukses menjalani serangkaian uji coba yang dimulai dari dermaga Banyuwangi ke perairan Paiton, Jawa Timur.

Tank boat Antasena akan masuk dalam jajaran alat utama sistem kesenjataan (alutsista) TNI Angkatan Darat. Kontrak pembelian sudah ditandatangani pada 2020.

Tank Boat antasena merupakan program Kementerian Pertahanan RI yang dilaksanakan oleh konsorsium, di mana PT Pindad (Persero) menjadi lead integrator bekerjasama dengan PT Lundin Industry Invest, PT Len Industri (Persero), dan PT Hariff.

Baca juga: Spesifikasi Pesawat Latih Tempur TNI AU T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan

Lantas, seperti apa spesifikasi tank boat Antasena?

Spesifikasi tank boat Antasena

Dilansir dari pindad.com, tank boat Antasena dapat mengangkut 60 orang personel dan 5 orang kru, memiliki kecepatan maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 nautical mile.

Dilengkapi senjata utama RCWS kanon kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12,7 mm, tank boat Antasena siap menjaga kedaulatan dan mempertahankan wilayah perairan NKRI.

Tank boat Antasena diharapkan dapat mendukung TNI dalam melakukan operasi rawa, laut, sungai dan pantai (Ralasuntai) serta tugas penjagaan laut dan pantai (Sea and Coast Guard).

Dikutip dari indonesia.go.id, tank boat Antasena memiliki panjang 18,7 meter dan lebar 7,5 meter.

Baca juga: Spesifikasi Kapal Perang Fregat Buatan Italia, Calon Armada TNI AL

Badan tank boat Antasena bertumpu pada struktur kapal berlunas ganda (double hull). Desain doble hull itu membuat Antasena bisa meluncur cepat, karena hambatan air dilewatkan di kolong boat di antara dua lunas.

Dengan dua mesin baling-baling, dua kali 1.700 tenaga kuda (HP), ditambah dua mesin waterjet 2x550 HP, Antasena dapat meluncur 74 km per jam.

Lambung tank boat Antasena terbuat dari komposit karbon, material yang kekuatannya 10 kali kekuatan baja, tapi beratnya hanya sepersepuluhnya.

Badan tank boat Antasena tak mudah koyak oleh peluru. Karena badannya tak terlalu berat, sarat air (draft) kapal yang masuk ke air hanya 90 cm.

Baca juga: Spesifikasi Helikopter Bell 505 Asal Kanada, Digunakan TNI AL untuk Kualifikasi Penerbang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com