Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ragu Makan Ikan Setiap Hari, Ini Berbagai Manfaatnya

Kompas.com - 02/02/2022, 15:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa bahan makanan akan menimbulkan reaksi negatif jika dikonsumsi setiap hari. Namun tidak begitu dengan ikan.

Ikan baik dikonsumsi setiap hari. Mengutip dari laman dislautkan.jogjaprov.go.id, ikan mengandung protein yang tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan.

Lemak yang terkandung di dalam ikan sebagian besar juga asam lemak tak jenuh yang bisa memicu pertumbuhan dan menurunkan kolesterol. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan sistem metabolisme.

Bagian per bagian tubuh ikan bahkan mengandung nutrisi berbeda-beda. Seperti kepala dan mata ikan yang mengandung polyscharida yang berfungsi mengontrol aliran darah.

Sedangkan kulit ikan mengandung vitamin A dan B2 yang bisa meningkatkan sistem imun, dan perut ikan mengandung lemak omega-3 yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Ikan Tuna, Salah Satunya Bisa Membantu Program Diet

Manfaat makan ikan setiap hari

Ikan mengandung banyak gizi. Lantas apa poin plus yang bisa kita dapatkan jika kita makan ikan setiap hari?  Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

1. Memiliki otak yang sehat

Asam lemak omega-3 pada ikan bisa menyehatkan sel-sel otak.Unsplash/Gregor Moser Asam lemak omega-3 pada ikan bisa menyehatkan sel-sel otak.
Melansir The List disebutkan bahwa makan ikan setiap hari bisa membuat kita memiliki otak yang lebih sehat.

Asam lemak omega-3 pada ikan bisa menyehatkan fungsi sel-sel pada otak. Jika dikonsumsi harian, maka asam lemak omega-3 ini bisa mencegah sel-sel otak dari kerusakan.

Menurut studi yang diterbitkan di Jama Neurology, mengonsumsi ikan setiap hari juga bisa mengatasi penurunan kognitif yang terjadi karena penuaan.  

2. Memiliki mata lebih sehat

Proses penuaan bisa menurunkan fungsi kognitif, kerja memori otak dan kualitas pandang indera penglihatan.

Nah peneliti menyatakan bahwa salah satu cara mencegah penyakit degeneratif pada mata yang bisa menuju kebutaan adalah dengan mengonsumsi ikan secara rutin.

Makan ikan setiap hari tak akan secara ajaib membuat Anda menua tanpa kacamata. Asam lemak omega-3 pada ikan yang dikonsumsi rutin akan mencegah munculnya degenerasi makula yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Ikan Tuna, Salah Satunya Bisa Membantu Program Diet

3. Mendongkrak kesehatan janin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com