Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyawa Kimia Botol Plastik Memicu Obesitas? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 02/02/2022, 11:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Senyawa plastik dalam botol kemasan air mineral, soft drink, juga yoghurt disinyalir bisa memicu obesitas.

Penelitian terbaru ini menyatakan bahwa senyawa plastik dalam botol kemasan bisa memicu pertumbuhan adiposit atau sel-sel lemak.

Melansir dari Medical News Today, Selasa (01/02/2022), World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa angka obesitas meningkat terus sejak 1975.

Peningkatan pesat ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai pengonsumsian zat pemanis tambahan yang tanpa batas, gaya hidup kurang olahraga, hingga pola makan yang tak seimbang.

Baru-baru ini peneliti dari Norwegian University od Science and Technology (NTNU) mendapatkan satu kesimpulan baru.

Bahwa senyawa kimia dalam botol bisa masuk ke tubuh manusia dan mengintervensi sistem metabolisme. Dari sinilah, hulu obesitas bermula. Hal ini seperti dilansir dari New Atlas, Senin (31/01/2022).

Baca juga: Hindari, 7 Rutinitas Malam Hari yang Bisa Bikin Tambah Gendut

Kandungan botol plastik

Obesitas bisa bermuara ke berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, stroke dan hipertensi.

Obesitas sendiri bisa dipicu banyak hal, salah satunya adalah senyawa kimia yang tersebar di lingkungan sekitar kita yang disebut sebagai endocrine disruptors.

Ilustrasi botol plastik, air minum dalam kemasan. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi botol plastik, air minum dalam kemasan.
Senyawa kimia ini akan mengganggu sistem endokrin yang memproduksi berbagai hormon yang mengatur selera makan, berat badan, metabolisme, dan beberapa fungsi tubuh lain.

Beberapa endocrine disruptors yang kuat adalah bisphenol A dan phthalates, senyawa yang ada di dalam plastik.

Menurut peneliti, senyawa ini bisa mengganggu kesuburan dan pertumbuhan tubuh, juga memicu obesitas.

Plastik sendiri terbuat dari berbagai macam senyawa kimia. Pabrik menambahkan beberapa senyawa zat aditif dan filler material untuk mendapatkan bentukan plastik seperti yang diharapkan.

Studi tahun 2019 menyatakan bahwa botol plastik kemasan terbuat dari setidaknya 4000 senyawa yang muncul di database kimia.

Baca juga: Amerika Serikat Jadi Negara Pencemar Plastik Terbesar Dunia

Bahayanya senyawa kimia dalam botol plastik

Ahli biologi dari NTNU di Trondheim curiga bahwa ada beberapa senyawa asing dalam botol plastik yang tidak muncul di database kimia.

Para peneliti ini kemudian menggunakan metanol untuk mengekstraksi senyawa dari 34 kemasan plastik seperti kantong freezer, botol kemasan yoghurt, botol soft drink, dan tutup cangkir kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com