Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twit Viral soal Perilaku Orang Suka Bohong, Ini Penjelasan Psikolog

Kompas.com - 29/12/2021, 13:24 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya perilaku seseorang yang berbohong di kesehariannya viral di media sosial Twitter pada Senin (27/12/2021).

"Kalian pernah ga sih punya temen yang tukang bohong? Tapi bohong hal random kayak kita tuh bego banget gitu loh. Dulu punya temen yg ngaku punya pacar tajir, suka akting lagi telfonan terus pernah tiba-tiba girang karena pacarnya beliin candi dari Bali mau ditaro dimana coba," tulis pengunggah dalam twitnya.

Tak hanya itu, sejumlah warganet pun menanggapi dan saling bercerita tentang pengalaman mereka yang mengalami kebohongan dari orang terdekatnya.

"Pas jaman smp temen gue pamer rumah ke temen-temennya, gue tuh gak terlalu kenal karena gak sekelas, cuma satu angkatan. trs terjadilah huru-hara 'ih rumahnya si itu gede loh, cakep dsb' kepo lah gue, trs ditunjukin ama temen gue naik motor, perasaan gue dah gak enak kan ya," tulis akun Twitter ini.

"Kok familiar bgt jalannya, 'ini rumahnya si itu, tp kita kgk boleh masuk' pas sampe gue bengong kek orang tolol....ni beneran kagak ngada-ngada wkwk yg ditunjuk tuh rumah gue. Beneran rumah tinggal gue wkwk ya Allah gue ampe speechless. kalo diinget ampe sekarang masih ngakak," lanjut dia.

Selain itu, akun Twitter lain juga menceritakan kejadian temannya yang menganggap bisa berteleportasi antar negara.

"Pernah punya temen yang ngaku bisa teleportasi diri ke Makkah dan Madinah tanpa naik pesawat.
Dulu aku pernah jalan lewat lapangan mau ke kantin, dia teriak dari lantai 2 ke aku, 'JANGAN LEWAT SITU, NANTI KAMU MASUK DIMENSI LAIN, AKU GAK BISA JEMPUTNYA," tulis akun Twitter lainnya.

Hingga kini, twit awal soal perilaku berbohong dari orang sekitar ini sudah diretwit sebanyak 9.148 kali dan disukai sebanyak lebih dari 60.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, bagaimana tanggapan psikolog mengenai perilaku ini?

Baca juga: Viral, Video Sejumlah Prajurit TNI AU Disebutkan Adang Rombongan Pelaku Kriminal Bermotor di Yogyakarta

Penjelasan psikolog

Menanggapi hal itu, psikolog klinis sekaligus cofounder Ohana Space Jakarta Barat Veronica Adesla mengatakan, informasi yang tersaji di twit yang viral tersebut masih terbatas.

Sehingga, belum diketahui apakah perilaku seseorang yang diceritakan di twit itu berbohong atau psikotik.

Sementara itu, ada penjelasan tersendiri dari perilaku halusinasi, delusi, dan sikap suka berbohong.

"Dalam termin psikologi, halusinasi ini berarti gangguan di mana seseorang merasa mengalami hal di panca indera yang tidak sesuai dengan realita, seperti misalnya mendengar, melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada," ujar Vero, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Selain halusinasi, ada termin lain dalam psikologi yang disebut dengan waham atau delusi.

Vero menjelaskan, waham atau delusi adalah gangguan dalam hal keyakinan yang tidak rasional dan tidak sesuai dengan realita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com