Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Awan Panas?

Kompas.com - 06/12/2021, 14:30 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung Semeru kembali terlihat memuntahkan awan panas pada Senin (6/12/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Diberitakan Kompas.com, Senin (6/12/2021) awan pekat kecoklatan itu terlihat membubung dari Semeru, yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Informasi erupsi Semeru pada Senin pagi juga dibagikan oleh akun resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di media sosial Twitter, Senin pagi.

Muntahan awan panas itu membuat warga Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, lari menyelamatkan diri.

Seorang warga, Dedi Afandi (30) mengungkapkan bahwa awan pekat dari erupsi Semeru sangat berbahaya. Ia pun berencana menuju ke lokasi pengungsian.

"Erupsinya turun lagi, besar, lari-lari," kata Dedi.

Baca juga: Warganet Tanya soal Semeru ke BMKG, Kenali Beda BMKG dan PVMBG

Apa itu awan panas dan mengapa berbahaya?

Akun Twitter MAGMA Indonesia di bawah pengelolaan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan tentang apa itu awan panas.

Awan panas guguran atau biasa disebut wedus gembel, adalah arus gas dan material piroklastik bersuhu tinggi yang bergerak sangat cepat.

Fenomena aliran piroklastik ini mengalir dengan kecepatan tinggi di sepanjang lembah gunung api dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.

Adapun luncuran awan panas guguran mampu mencapai kecepatan hingga 700 km/jam

Sementara, gas dan tephra yang dibawa oleh awan panas tersebut dapat mencapai suhu sangat panas, sekitar 1.000 derajat Celcius.

"Aliran piroklastik adalah bahaya erupsi gunung api yang paling mematikan dari semua bahaya erupsi dan dihasilkan sebagai akibat dari letusan eksplosif," demikian MAGMA Indonesia.

Aliran piroklastik pada umumnya menyentuh tanah dan meluncur menuruni lereng gunung api serta dapat menyebar ke samping di bawah gaya gravitasi.

Kecepatannya tergantung pada kerapatan arus, laju keluaran material vulkanik, dan gradien lereng.

Korban jiwa erupsi Semeru 14 orang

Melansir Antara, Senin (6/12/2021), Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menjelaskan, jumlah korban jiwa erupsi Semeru untuk sementara tercatat 14 orang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com