Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah 22 November: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembak

Kompas.com - 22/11/2021, 13:00 WIB
Mela Arnani,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini dalam sejarah, tepatnya 22 November 1963, Presiden Amerika Serikat (AS) John F. Kennedy (JFK) tewas ditembak.

Presiden ke-35 AS itu menjadi satu dari beberapa penumpang dalam iring-iringan mobil lewat Dealey Plaza di pusat kota Dallas Texas.

Pada musim gugur 1963, JFK dan para penasihat politiknya tengah mempersiapkan kampanye pemilihan presiden periode berikutnya.

Meski belum resmi mengumumkan pencalonannya, terlihat jelas JFK akan kembali mencalonkan diri dan yakin atas peluangnya untuk terpilih lagi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John F Kennedy Terpilih sebagai Presiden Termuda AS

Kronologi kejadian

Melansir Jfklibrary.org, pada akhir September 1963, John melakukan perjalanan ke barat untuk berbicara di sembilan negara bagian selama kurang dari seminggu.

Perjalanan tersebut menyoroti sumber daya alam dan upaya konservasi, serta menyuarakan tema pendidikan, keamanan nasional, dan perdamaian dunia.

Pada 21 November 1963, Kennedy dan istrinya berangkat dengan Air Force One untuk melaksanakan tur selama dua hari di lima kota di Texas.

Hujan gerimis turun pada 22 November 1963 pagi hari, tapi ribuan orang berdiri di tempat parkir di luar Hotel Texas yang digunakan sebagai tempat keluarga Kennedy bermalam.

Presiden termuda AS yang menjabat sejak Januari 1961 ini, beserta istrinya memberikan pernyataan singkat.

Kehangatan respons penonton begitu terasa saat Kennedy mengulurkan tangan untuk berjabat tangan di tengah lautan wajah yang tersenyum.

Setelah itu, rombongan presiden kembali ke dalam hotel dan kemudian bertolak ke Pangkalan Angkatan Udara Carswell untuk penerbangan 13 menit ke Dallas.

Sesampainya di Love Field, Kennedy dan istrinya turun dan langsung berjalan menuju pagar tempat berkumpulnya pada simpatisan, dan melakukan jabat tangan yang singkat.

Ibu negara menerima buket bunga mawar merah, lalu keluarga Kennedy duduk di mobil terbuka yang telah disiapkan.

Rombongan melakukan perjalanan darat sepanjang sepuluh mil yang melintasi pusat Kota Dallas, dalam perjalanan ke Trade Mart.

Kerumunan orang berbaris di jalan-jalan dan melambaikan tangan ke keluarga Kennedy.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com