Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Min, yang PPPK Guru Gimana Nasibnya?"

Kompas.com - 05/10/2021, 11:31 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertanyaan-pertanyaan seputar kapan pengumuman seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 untuk formasi guru masih terus disampaikan di media sosial.

Pertanyaan ini muncul setelah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menunda pengumuman seleksi kompetensi, terhitung sejak 24 September 2021.

Para peserta seleksi pun mulai merasa resah dan mempertanyakan kelanjutan tahap seleksi. Salah satunya seperti yang ditanyakan oleh akun Twitter @vianviani_ di kolom balasan Twitter @BKNgoid.

Baca juga: Benarkah Ada Tambahan Afirmasi PPPK Guru 2021 hingga 100 Persen?

Pertanyaan serupa juga disampaikan oleh warganet di kolom komentar Instagram @bkngoidofficial. Para peserta seleksi mempertanyakan kepastian pengumuman hasil seleksi ke-1 PPPK guru.

"Pengumuman p3k tahap 1 kapan," tulis @permatamegga25.

"Hasil tes P3k guru tahap 1 kapan diumumkan ?" tanya @rahman_psw.

Salah satu peserta mengaku merasa nasibnya "digantung" dengan penundaan pengumuman hasil seleksi.

"Ini pengumuman tes p3k tahap 1 kapan ya? Berasa digantung, tolong kalo misalnya banyak kendala dijelaskan saja," tulis @ajfzl.

Diumumkan 8 Oktober

Menjawab keresahan tersebut, Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek Anang Ristanto mengatakan, pengumuman akan dilakukan pada 8 Oktober 2021.

“Rencananya pengumuman (hasil seleksi kompetensi I) akan diundur hari Jumat, 8 Oktober 2021,” kata Anang, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Pengumuman hasil dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB, melalui kanal resmi YouTube Kemendikbud.

Informasi tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama.

Ia mengatakan, pengumuman seleksi kompetensi PPPK guru akan disampaikan melalui laman PPPK Kemdikbud.

“Betul. Pengumuman akan disampaikan melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id,” ujar Satya.

Alasan penundaan

Sebelumnya, penundaan ini disampaikan di laman resmi melalui Pengumuman Nomor 5363/B/GT.01.00/2021 tentang Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru ASN-PPPK Tahun 2021.

Dalam pengumuman tersebut, disampaikan alasan penundaan karena masih ada proses pengolahan data nilai pada seleksi kompetensi ke-1 PPPK guru, sehingga hasil seleksi belum bisa diumumkan.

"Sehubungan dengan masih berlangsungnya proses pengolahan nilai Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK, bersama ini kami sampaikan bahwa pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK yang semula dijadwalkan tanggal 24 September 2021 ditunda sampai pengumuman lebih lanjut," kata Ketua Panitia Seleksi PPPK Guru, Iwan Syahril dalam surat tersebut.

Baca juga: Jadwal Pengumuman Seleksi PPPK Guru dan Link untuk Mengeceknya

(Sumber: KOMPAS.com/Mela Arnani | Editor: Rizal Setyo Nugroho) 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Syarat Pendaftaran CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-guru 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com