Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat di Bumi yang Jarang dan Tak Terjamah Manusia

Kompas.com - 18/09/2021, 16:10 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak tempat di bumi yang jarang bakan tidak pernah terjangkau oleh manusia.

Tempat-tempat ini tidak jarang atau tidak pernah dikunjungi karena beberapa faktor.

Bisa karena aksesnya yang terlalu sulit, kondisinya yang terlalu ekstrem, lokasinya yang misterius, atau karena memang tempat tersebut dilindungi.

Berikut 10 tempat di bumi yang jarang bahkan tak pernah terjamah manusia:

Baca juga: 10 Gempa Terdahsyat di Dunia, Sejarah Mencatat 2 Terjadi di Indonesia

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda adalah tempat paling misterius di Samudera Atlantik yang berada di perbatasan Miami, Bermuda dan Puerto Rico.

Melansir History, 28 Agustus 2018, puluhan kapal dan pesawat telah menghilang di Segitiga Bermuda. Lokasi ini pun hingga kini masih menjadi misteri karena tidak bisa dijangkau dan diidentifikasi oleh manusia.

Kapal dan pesawat yang pernah menghilang dilaporkan tidak mengirimkan pesan-pesan darurat melalui radio. Ada berbagai teori fantastis mengenai Segitiga Bermuda, tetapi belum ada yang mengidentifikasi hilangnya kapal dan pesawat tersebut.

2. Gurun Namib

Gurun Namib meurpakan salah satu gurun di Namibia. Melansir Insider, 17 Desember 2019, urun ini merupakan salah satu tempat terkering di Bumi dan sebagian besar belum dijelajahi.

Gurun Namib di Afrika diperkirakan menjadi salah satu gurun tertua di dunia. Wilayah Namib Selatan digambarkan oleh Dana Margasatwa Dunia sebagai sebagian besar belum dijelajahi, meskipun diyakini tidak memiliki banyak vegetasi.

Baca juga: Bumi Kini Punya Lima Samudra, Perkenalkan Samudra Selatan

3. Pulau Surtsey

Surtsey adalah sebuah pulau vulkanik di Islandia yang jarang terjamah oleh manusia. Pulau ini hanya pernah dibuka untuk kepentingan penelitian. Ilmuwan atau peneliti yang boleh ke sana pun harus sangat terlatih.

Pulau Surtsey terletak di lepas pantai selatan Islandia, terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi antara tahun 1963 dan 1967. Menurut UNESCO, pulau ini jadi salah satu wilayah yang bebas dari campur tangan manusia.

4. Pulau Sentinel Utara

Pulau Sentinel Utara merupakan bagian dari Kepulauan Andaman di Samudra Hindia, yang hampir tidak terjamah. Terdapat suku penduduk asli, yang dikenal sebagai Sentinel yang diyakini mendiami pulau terpencil itu.

Pada tahun 2018, pulau itu mendapat perhatian ketika seorang misionaris Amerika dilaporkan tewas saat berada di sana dalam perjalanan misi keagamaan.

Sementara beberapa kru film dokumenter, antropolog, dan peneliti telah mengunjungi pulau itu pada 1960-an dan 70-an, tetapi tidak banyak yang diketahui tentang Sentinel Utara.

Baca juga: Asteroid Bennu Berpotensi Menabrak Bumi, Ini Kemungkinan Waktunya

5. Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki. Lokasinya berada di Bhutan dekat perbatasannya dengan Tibet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com