Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Olahraga Ini Cocok untuk yang Mager alias Malas Gerak

Kompas.com - 13/09/2021, 07:02 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang masuk golongan malas gerak alias mager club? Ini mungkin informasi menarik untuk Anda yang mager.

Meski mager, jangan lupa olahraga! Jangan cari-cari alasan.  

Lelah atau capek adalah salah satu alasan mengapa orang-orang malas berolahraga. Misalnya, ketika bangun pagi, tetapi tubuh terlalu lelah untuk melakukan aktivitas fisik.

Ternyata, ada metode olahraga ringan yang bisa membantu membangkitkan semangat kaum rebahan agar kondisi tubuhnya lebih bugar.

"Menggerakkan tubuh Anda saat pertama kali bangun membantu sirkulasi dan merangsang sistem limfatik Anda. Hasilnya, Anda merasa lebih berenergi" kata Jennifer Jacobs, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri The J Method, seperti dikutip dari Huffpost, 27 Agustus 2021.

Merangkum Huffpost, berikut beberapa metode olahraga ringan yang membantu tubuh Anda lebih bugar di pagi hari:

1. Posisi downward dog

Downward dog Downward dog
Kita tidak perlu repot-repot pergi ke pusat kebugaran, lapangan, atau berlari keliling kompleks untuk mengeluarkan keringat.

Terapkan salah satu pose yoga yang disebut downward dog. Menurut Megan Roup, pendiri The Sculpt Society, posisi ini adalah cara yang bagus untuk membantu sirkulasi atau aliran darah.

Pertama, dimulai dengan meletakkan tangan di lutut. Rentangkan telapak tangan Anda lebar-lebar. Dorong telapak tangan ke bawah. Arahkan tangan sampai ke lantai dan mulai merangkak sedikit dengan telapak tangan.

Pastikan telapak kaki tetap di tempat. Kemudian, arahkan pinggul ke langit-langit saat Anda menekan tumit.

“Untuk membuat peregangan ini lebih aktif, Anda dapat mengayuh kaki sambil secara aktif menekan ke lantai atau menekuk dan meluruskan kedua kaki,” kata Roup.

Kemudian, tahan pose selama 15 detik dan ulangi selama tiga hingga empat kali.

2. Flossing hamstring

Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan berbaring di lantai dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata.

Raih dengan lembut di belakang salah satu paha Anda dan luruskan dan tekuk lutut berulang kali (pastikan untuk tidak terlalu meregangkan lutut). Lakukan gerakan flossing bolak-balik hingga 10 pengulangan di setiap sisi selama dua hingga tiga putaran.

“Peregangan dinamis ini membantu mengendurkan paha belakang dan punggung bawah Anda lebih efektif daripada melakukan peregangan statis, yang dapat menyebabkan kejang otot jika tubuh Anda tidak melakukan pemanasan dengan benar,” kata Theresa Marko, spesialis klinis ortopedi bersertifikat di terapi fisik dan pemilik Terapi Fisik Marko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com