Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Kasur dari Aroma Ompol Si Buah Hati

Kompas.com - 07/09/2021, 17:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Balita masih sering mengompol di atas kasur. Ketika tidak mengenakan pampers, maka urin balita ini akan langsung mengotori kasur dan meninggalkan noda dengan aroma yang tak mudah hilang.

Ketika kasur tak dilapisi lapisan plastik anti air, maka air urin akan langsung meresap ke serat-serat kasur dan membuat aroma terperangkap di sana dan susah hilang.

Membersihkan aroma urin memang tak mudah. Anda harus menyiapkan beberapa bahan pembersih, disesuaikan dengan usia noda yang ada.

Noda yang sudah lama membekas, tentu saja akan lebih susah dihilangkan dari pada noda yang masih basah.

Baca juga: Cara Membersihkan Sikat dan Sisir Rambut dari Jamur dan Bakteri

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Dilansir dari The Spruce, untuk membersihkan noda urin dari ompol si buah hati, Anda membutuhkan alat-alat sebagai berikut:

  • Botol semprot.
  • Sarung tangan karet.
  • Lap microfiber atau tisue.
  • Sikat berbulu halus.
  • Vacuum.

Sedangkan untuk bahan pembersihnya, Anda harus menyiapkan:

  • Baking soda. 
  • Larutan cuka.
  • Boraks.
  • Larutan pembersih noda atau sabun deterjen.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Tinta pada Pakaian

Cara membersihkan aroma urin

Ilustrasi kasur. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi kasur.
Untuk membersihkan noda ompol yang masih baru, langsung angkat sprei dan sarung bantal yang terkena noda urin, letakkan ke dalam mesin cuci.

Kemudian serap urin dengan menempelkan lap atau tisue di permukaan kasur. Tekan-tekan hingga urin terserap maksimal ke dalam lap.

Campurkan sesendok larutan pembersih atau sabun deterjen dengan air hangat. Sapukan larutan ke atas noda dengan menggunakan sikat lembut. Lakukan gosokan-gosokan ringan hingga aroma urin tak lagi tercium.

Baca juga: 4 Bahan Pengganti Pemutih Pakaian

Keringkan larutan deterjen dengan menekan-nekan tisue ke atas kasur. Untuk membersihkan aroma urin secara maksimal, taburi kasur dengan baking soda. Setelah beberapa jam, bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum.

Untuk membersihkan noda ompol yang sudah kering, buatlah pasta dengan mencampur baking soda dan air. Kemudian oleskan ke area kasur yang menguarkan aroma ompol.

Ketika baking soda sudah kering, bersihkan menggunakan vacuum.

Kemudian sebagai langkah terakhir, masukkan cuka ke botol semprot, dan gunakan untuk menyemprot seluruh permukaan kasur. Aroma cuka yang kuat akan bisa menutup aroma urin yang ada.

Jika aroma masih ada, gunakan pasta dari boraks yang dicampur air. Gunakan sarung tangan ketika mengoleskan boraks ini ke permukaan kasur.

Baca juga: Home Waxing, Metode Membersihkan Bulu Tubuh dengan Bahan Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com