Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Madu Asli Tidak Disemuti? Ini Deretan Mitos Seputar Madu

Kompas.com - 14/08/2021, 15:37 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Madu merupakan pemanis alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya populer dengan khasiatnya, madu juga memiliki banyak mitos yang beredar di masyarakat.

Mulai dari cara membuktikan madu asli, seperti apa khasiatnya, hingga bagaimana cara mengukur kualitas madu.

Tapi bagaimana fakta sebenarnya? Berikut adalah deretan mitos seputar madu yang banyak beredar di masyarakat.

1.Madu asli tidak dikerubuti semut

Salah satu mitos yang banyak beredar tentang madu adalah madu yang disemuti. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengetes keaslian madu.

Apabila madu tersebut dikerubungi semut, maka madu tersebut palsu. Padahal faktanya tidak seperti itu.

Dikutip dari berita Kompas.com (24/7/2021), salah satu kandungan utama dari madu adalah gula sederhana yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Pada umumnya madu asli pasti disukai oleh semut.

Baca juga: Madu Asli Tidak Mengkristal dan 4 Mitos Madu Asli Lain yang Banyak Dipercaya

Meski begitu, memang ada beberapa jenis madu yang tidak disukai semut, namun bukan berarti madu tersebut palsu. Dengan kata lain, ada atau tidaknya semut pada madu bukan menjadi indikator keaslian.

Madu yang tidak disukai semut misalnya madu kapuk dan madu mahoni. Hal tersebut disebabkan adanya aroma atau bau madu tersebut yang tidak disukai semut.Bukan karena tidak suka dengan glukosa dan fruktosa yang terkandung dalam madu.

Sementara menurut Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni sekaligus peternak lebah madu Iyan Supriyadi, mengetes keaslian madu dengan semut malah akan membuat bingung.

“Ternyata di alam pun di kotak lebah madu yang saya budidayakan itu, semut itu menjadi hama,” papar Iyan ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Selain itu, ia juga pernah mencoba meneteskan cairan madu murni, gula, dan sirup bersamaan. Ternyata, ketiga cairan tersebut sama-sama dikerubuti semut. Termasuk cairan madu.

Jadi jangan salah lagi, ya.

Ilustrasi madufreepik.com/ Racool_studio Ilustrasi madu

2. Madu asli tidak membeku

Mitos tentang madu selanjutnya adalah madu tidak akan membeku jika dimasukkan ke dalam kulkas atau bahkan freezer. Namun anggapan ini tidaklah benar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com