Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet vs Zoom: Mana yang Lebih Hemat Kuota Internet?

Kompas.com - 06/08/2021, 11:30 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Gara-gara pandemi Covid-19, kini kita menjadi terbiasa dengan konferensi video menggunakan berbagai aplikasi seperti Google Meet dan Zoom. Lalu, manakah yang lebih menghemat kuota internet?

Layanan seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Skype, Slack, dan Google Hangouts telah menjadi beberapa platform panggilan video paling populer yang digunakan oleh organisasi kerja dan sekolah.

Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan fitur yang ditawarkan. Maka tak heran apabila penggunaannya bergantung preferensi dari institusi masing-masing.

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih platform konferensi video adalah akses internet. Lebih tepatnya ialah kuota data internet yang dikonsumsi selama digunakan.

Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya mana yang paling efisien dalam hal penggunaan data?

Jika Anda mengandalkan data seluler untuk panggilan video grup, batas data harian Anda mungkin akan cepat habis. Ini karena konferensi video memakan banyak data.

Dilansir dari Gadgetstouse.com, Zoom dan Google Meet memiliki perbedaan konsumsi data seluler selama Anda bertahan di platform-nya. Di bawah ini adalah perbandingan berapa banyak data yang digunakan untuk konferensi video selama 1 jam antara keduanya.

Baca juga: 7 Cara Hemat Kuota Data Internet Saat Zoom Meeting

Perlu diingat, perhatikan bahwa ini adalah perkiraan kasar. Konsumsi data aktual dapat bervariasi berdasarkan:

  • Kualitas videonya.
  • Jumlah orang yang melakukan streaming video masing-masing platform.
  • Jumlah orang yang Anda lihat.
  • Jika Anda sedang streaming video Anda sendiri.

1. Zoom

Bisa dibilang, Zoom merupakan salah satu layanan konferensi video yang paling cepat populer sejak awal pandemi tahun 2020 silam.

Untuk panggilan video satu lawan satu, Zoom menggunakan sekitar 540MB per jam untuk standar kualitas tinggi. Konsumsi meningkat menjadi 1,08GB per jam untuk kualitas 720p dan sekitar 1,62GB per jam untuk streaming 1080p.

Penggunaan data meningkat secara signifikan saat Anda melakukan panggilan video grup. Zoom memakan 810MB per jam, 1,35GB per jam, dan 2,4GB per jam, masing-masing untuk panggilan konferensi grup standar, 720p, dan 1080p.

Anda sebagai pengguna seluler kemungkinan bakal mengkonsumsi data yang lebih sedikit karena Zoom akan mengoptimalkan bandwidthnya berdasarkan koneksi Anda.

Baca juga: 6 Tips Gunakan Zoom Meeting

2. Google Meet

Google Meet adalah salah satu layanan konferensi video produk turunan raksasa Google. Google Meet paling banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi dalam pembelajaran daring selama pandemi.

Para mahasiswa dan pelajar mungkin bertanya-tanya berapa banyak data yang dikonsumsi oleh Google Meet selama 1 jam konferensi video.

Nah, bandwidth rata-rata Google Meet per peserta adalah 3.2Mbps inbound dan 1.8Mbps outbound. Ini berarti konsumsi data sekitar 2,25GB per jam dalam kualitas tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com