Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai September, HP Android Ini Tidak Bisa Buka Gmail dan YouTube

Kompas.com - 06/08/2021, 08:32 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Belum lama ini, Google mengirimkan email ke pengguna sistem operasi (OS) android lawas yang berisi peringatan agar melakukan upgrade ke versi yang lebih baru.

Dilansir dari Outlet media 91mobiles melalui KOMPAS.com, dalam e-mail tersebut, Google mengumumkan bahwa mulai 27 September 2021, ponsel Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas tidak akan bisa lagi login ke akun Google.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android lawas), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," tulis Google.

Berikut ini OS Android tidak bisa lagi mengakses Google mulai 27 September mendatang:

- 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake

- 1.6 Donut

- 2.0 Eclair

- 2.2 Froyo

- 2.3 Gingerbread

Baca juga: Mengenal Virus Joker yang Menyusupi Sejumlah Aplikasi Android di Google Play Store

Bukan hanya tak bisa mengakses akun Google, sejak tanggal yang telah ditetapkan, pengguna OS lawas tersebut juga tidak bisa membuka YouTube, Drive, Maps, Google Play Store, dan layanan Google lainnya.

Tujuan Google

Google mengambil kebijakan menghentikan akses Gmail bagi pengguna sistem operasi Android lawas dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Menurut laman dukungan Google, pengguna ponsel Android versi lama akan menerima pemberitahuan "username or password error'" saat mencoba melakukan beberapa hal pada ponselnya.

Beberapa hal tersebut antara lain, menambahkan atau membuat akun Google, melakukan factory reset dan mencoba sign in ke akun Google, atau ketika mencoba mengubah password akun Google.

Baca juga: Disusupi Virus Joker, 8 Aplikasi Android Ini Harus Segera Dihapus

Meski begitu, menurut Google, pengguna Android versi lama masih bisa menggunakan beberapa layanan Google seperti Search, Drive, dan Gmail melalui borwser web bawaan, atau browser web lain.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (2/8/2021), kebijakan ini mungkin hanya akan berpengaruh kepada sebagian kecil pengguna Google.

Android versi 2.3.7 Gingerbread pertama kali dirilis pada 2010. Sedangkan Google telah merilis versi beta dari Android 12 pada tahun 2021.

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com