Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Covid-19 Bisa Menular dari Jenazah? Begini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 01/08/2021, 08:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 melanda dunia, salah satu pertanyaan yang paling banyak dilontarkan adalah "apakah virus Corona bisa menular dari orang yang sudah meninggal dunia akibat Covid-19?"

Dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), ahli kedokteran forensik Unpad, Yoni Fuadah Syukriani mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti kuat bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah ke orang hidup.

"Beberapa referensi studi sudah ada. Hanya saja, belum ada yang mampu menyimpulkan bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah," kata Yoni.

Sebelumnya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa virus Corona bisa bertahan selama 4 jam di tubuh orang yang sudah meninggal. Sedangkan di cairan tubuh, virus ini bisa bertahan hingga 3-4 hari.

Studi terbaru pun membuktikan, hasil uji swab yang dilakukan kepada jenazah yang sudah 35 hari dimasukkan ke kulkas jenazah masih positif.

Baca juga: Penjelasan Ahli Mengapa Corona Varian Delta Sangat Menular

Akan tetapi, menurut Yoni, penelitian tersebut belum dapat membuktikan banyak hal karena masih dilakukan dalam waktu singkat.

“So far, baru satu tahun setengah penelitian yang sudah dilakukan. Dalam ilmu kedokteran, itu adalah waktu yang sangat singkat dan belum dapat mengungkap banyak hal,” ujar Yoni.

Meski begitu, Yoni tetap menegaskan kepada petugas yang terlibat dalam proses pemulasaraan maupun keluarga yang ditinggalkan tetap waspada terhadap potensi penularan.

Sementara itu, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Unpad, Deni K. Sunjaya menambahkan, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam proses pemakaman jenazah kasus Covid-19.

Pertama, pencegahan dan pengendalian infeksi, kedua, persoalan etika. Dengan begitu, jenazah yang sudah dilakukan pemulasaraan dengan protokol Covid-19 bisa dimakamkan di pemakaman umum yang sudah memenuhi syarat.

Baca juga: Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Daging Kurban? Ini Kata Ahli

“Jadi, mengenai jenazah yang bisa menularkan Covid-19 sebetulnya tidak perlu ditakutkan. Asalkan sudah dikemas dengan baik dan penguburan jenazah dengan cara memasukkannya ke liang kubur tanpa membuka peti, plastik, atau kantong jenazah,” ujar Deni.

Deni mengatakan, potensi penularan lebih besar justru berasal dari kerumunan anggota keluarga atau pelayat saat proses pemakaman jenazah kasus Covid-19.

“Banyak yang tidak prokes, maka mereka berisiko tinggi akan saling menularkan. Ini yang harus kita perhatikan," kata Deni.

"Tidak semata pemakaman jenazahnya, tetapi proses yang bisa menimbulkan kerumunan, itu yang jadi masalah,” imbuhnya.

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com