Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Kondisi Tubuh Setelah Berhenti Merokok?

Kompas.com - 31/07/2021, 21:58 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Merokok punya segudang dampak buruk bagi kehidupan, baik itu terhadap kesehatan, ekonomi, sosial, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu semua orang, termasuk perokok itu sendiri, sudah tahu efek rokok bagi kesehatan. Bahkan, berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok sudah tertulis pada bungkusnya lengkap dengan gambar.

Itupun tidak semua penyakit tertera pada bungkus rokok. Tak cuma penyakit kanker, jantung, paru-paru, atau impotensi, merokok juga dapat menyebabkan stroke, diabetes, obstruktif kronik (PPOK), yang meliputi emfisema dan bronkitis kronis.

Merokok juga dapat meningkatkan risiko tuberkulosis, penyakit mata tertentu, dan masalah sistem kekebalan, termasuk rheumatoid arthritis.

Belum lagi dampak pada sektor kehidupan lain, termasuk ekonomi. Membeli minimal sebungkus rokok setiap hari, telah menghabiskan uang ratusan ribu selama satu bulan, cukup untuk membeli hal lain yang lebih penting dan bermanfaat.

Baca juga: Abu Rokok Bantu Tanaman Hias Tumbuh Subur dan Sehat

Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah solusi untuk hidup yang lebih sehat dan baik. Meski sulit, tak ada salahnya untuk berusaha menghentikan kebiasaan merokok.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (8/4/2021), berikut ini beberapa dari banyak sekali pencapaian kesehatan yang dapat dirasakan dengan berhenti merokok.

20 menit

Dilansir dari Medical News Today melalui KOMPAS.com, setelah 20 menit berhenti merokok, detak jantung kembali normal, tekanan darah menurun, dan sirkulasinya mulai membaik.

12 jam

Kadar oksigen akan meningkat setelah 12 jam tanpa mengonsumsi rokok, sebab pada fase ini, tubuh mulai membersihkan diri dari kelebihan karbon monoksida hingga jumlahnya normal kembali.

1 hari

Tekanan darah mulai turun setelah 1 hari berhenti merokok, sehingga risiko penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi pun menurun.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Mengusir Bau Rokok dari Dalam Mobil

Pada fase ini, manfaatnya akan lebih terasa jika diimbangi dengan melakukan olahraga fisik. Dengan begitu, kondisi jantung pun semakin membaik.

2 hari

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com