Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Presiden Jokowi Umumkan Bebas Masker dan Kegiatan Masyarakat Kembali Normal

Kompas.com - 31/07/2021, 19:30 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial beredar luas sebuah tangkapan layar berisi informasi Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat kembali normal.

Informasi tersebut mencatut tayangan "Breaking News" media televisi nasional, Kompas TV.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Youlie Liee Jhoo membagikan tangkapan layar tersebut pada Sabtu (31/7/2021).

Dalam tangkapan layar itu, terdapat keterangan sebagai berikut:

"Breaking News: Presiden umumkan bebas masker & kegiatan masyarakat kembali normal mulai 32 Juli 2021".

Hingga Sabtu sore, unggahan tersebut telah disukai 84 kali, dikomentari 37 kali, dan dibagikan 18 kali oleh warganet lain.

Tangkapan layar unggahan dengan klaim Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat kembali normal.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan dengan klaim Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia bebas masker dan kegiatan masyarakat kembali normal.

Penelusuran Kompas.com

Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang ada di tangkapan layar tersebut telah disunting.

Selain itu, jika dicermati, klaim pemberlakuan bebas masker dan kembalinya kegiatan masyarakat mulai 32 Juli 2021, tanggal tersebut tentu saja tidak terdapat di kalender.

Video asli berita tersebut diunggah di kanal YouTube Kompas TV pada 26 September 2019, dengan judul "Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Soal UU KPK, RKUHP dan Demo Anarkis".

Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh bangsa di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 26 September 2019.

Tokoh-tokoh yang hadir menemui Jokowi terdiri dari cendekiawan, sastrawan, ahli hukum, akademisi, kalangan pengusaha, hingga pelaku seni di tanah air.

Dilansir dari Tribunnews, sejumlah tokoh tersebut bertemu Presiden Jokowi menyikapi perkembangan situasi politik saat itu, seperti aksi unjuk rasa mahasiswa, dan berbagai persoalan bangsa lainnya.

Para tokoh itu menyampaikan berbagai masukan, termasuk di antaranya terkait Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) dan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP).

Salah satu tokoh yang hadir adalah pakar hukum tata negara Prof Dr Mohammad Mahfud MD yang kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Kesimpulan

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, tangkapan layar berisi informasi Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia akan bebas masker dan kegiatan masyarakat kembali normal adalah tidak benar.

Faktanya, informasi tersebut merupakan hasil suntingan, sehingga termasuk dalam kategori jenis hoaks misleading content atau konten menyesatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com