Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih 14 Hari Belum Sembuh, Kenali Tanda Gejala Long Covid

Kompas.com - 24/07/2021, 17:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah warganet menceritakan bahwa dirinya sempat mengalami gejala infeksi Covid-19, tetapi tidak kunjung membaik selama lebih dari 14 hari.

Mereka juga menuliskan bahwa gejala Covid-19 seperti batuk-batuk masih terasa.

"Aku pun udah 3 minggu habis positif masih batuk, pdhl antigen udah negatif. Takut efek long covid," tulis akun Twitter @Rr_Evira.

"Nah ini saya juga bingung karena saya juga sudah lebih dari 2 minggu sejak gejala awal tapi masih saja berdahak, anosmia sama sakit kepala. Kadang malah masih suka merasakan nafas berat kalau malam hari," tulis akun Twitter @AdieAzzam.

Seperti diketahui, infeksi virus corona biasanya memerlukan proses penyembuhan sekitar 14 hari.

Dilansir dari Kompas.com (1/7/2021), jika seseorang terus menunjukkan gejala Covid-19 selama lebih dari 4-5 minggu, maka itu tanda utama pasien mengalami long covid.

Long covid dapat membuat penyintas Covid-19 menderita sejumlah gejala yang membingungkan dan berlangsung cukup lama setelah hasil pengujian negatif untuk infeksi.

Apa saja gejala long covid, berapa lama, dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Gejala Long Covid yang Sering Dialami Penyintas dan Cara Mengatasinya

Lama gejala long covid

Diketahui, pasien dengan long covid biasnaya mengalami gejala kronis dan berkepanjangan untuk periode waktu yang berbeda.

Ada yang dalam hitungan minggu, gejala sudah hilang. Ada juga yang masih bertahan sampai 8 bulan lamanya.

Namun, banyak dari gejala long covid yang terjadi berkaitan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya dan faktor risiko yang menghambat pemulihan.

Ada beberapa kondisi yang dialami mereka dengan long covid yakni gangguan pernapasan, batuk berkepanjangan, penurunan kadar oksigen darah, dan sesak napas hingga lebih dari 2-3 bulan dan memerlukan perawatan yang lebih lama.

Selain itu, long covid juga disebut dapat memicu berbagai efek samping yang dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang seperti kerusakan paru-paru, gangguan tidur, masalah memori, gangguan kesehatan mental, dan kekebalan yang lemah.

Baca juga: 14 Negara Ini Masih Nol Kasus Covid-19 sejak Awal Pandemi

Gejala long covid

Dikutip dari Kompas.com, (21/6/2021), ada beberapa tanda atau gejala long covid yang disebutkan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Adapun gejala-gejala ini bisa berbeda antar individu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com