Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahun Lagi, 10 Pekerjaan Ini Menjanjikan Masa Depan Cerah

Kompas.com - 24/07/2021, 17:00 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

Sumber WEFORUM

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah pasti membutuhkan banyak pertimbangan; mulai minat dan bakat, hingga kredibilitas kampus yang dituju. Jika kalian menaruh perhatian pada prospek kerja usai studi, ada baiknya menengok daftar pekerjaan yang menjanjikan 4 tahun mendatang.

Tak dapat dipungkiri, salah satu harapan menempuh pendidikan tinggi adalah masa depan karir. Pertanyaan yang selalu hinggap di kepala biasanya adalah akan menjalani profesi seperti apa usai lulus kuliah.

Pasalnya, pandemi Covid-19 turut mempengaruhi berbagai bidang pekerjaan yang di masa mendatang. Sembari mengasah kemampuan baik hard skill maupun soft skill, Anda perlu berpikir lebih visioner.

Sehingga, kesempatan Anda untuk memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat juga semakin luas. Termasuk menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan zaman.

Baca juga: Cuma Modal Handphone, Berikut Profesi Menjanjikan Cuan di Era Digital

Disrupsi teknologi pada pekerjaan manusia

World Economic Forum (WEF) meluncurkan sebuah laporan mengenai prediksi pekerjaan apa saja yang paling banyak dicari di tahun 2025. 

Akibat pandemi Covid-19, adopsi teknologi di beberapa bidang seperti penggunaan robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) bakal semakin meningkat. Laporan itu menyebutkan, sekitar 84 persen bisnis berencana untuk mempercepat digitalisasi dalam proses kerja dan penggunaan alat digital, seperti konferensi video.

Sementara itu, setengah dari bisnis yang disurvei berencana untuk mempercepat otomatisasi tugas. Makanya, laporan WEF itu memperkirakan kelak pada tahun 2025, lama waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan-pekerjaan akan sama antara manusia dan mesin.

Baca juga: 10 Pekerjaan Ini Akan Segera Digantikan Robot, Apa Saja?

Terlepas dari tantangannya, ekonom Klaus Schwab, pendiri dan ketua eksekutif WEF, mengajak kita optimis tentang masa depan pekerjaan. Disrupsi teknologi, kata dia, juga dapat memberikan kunci untuk membantu kita mempelajari keterampilan baru.

“Berkah inovasi teknologi yang mendefinisikan era kita saat ini, juga dapat dimanfaatkan untuk memunculkan potensi manusia," ujarnya.

10 pekerjaan yang menjanjikan

Pada tahun 2025, ada 10 profesi yang diprediksi akan menjadi paling bersinar. Kompas.com merangkumnya dari laporan panjang Future of Jobs Survey 2020 oleh World Economic Forum:

1. Data analyst dan data scientist
2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist
3. Big Data Specialist
4. Digital marketing and strategy specialist
5. Process automation specialist
6. Business development professionals
7. Digital transformation specialist
8. Information security analyst
9. Software and application developer
10. Internet of things specialist

Daftar pekerjaan yang diprediksi bermasa depan cerah ini menunjukkan pentingnya interaksi manusia yang berkelanjutan dalam sektor jasa. Misalnya dalam marketing (pemasaran), sales (penjualan), dan content production (produksi konten).

Baca juga: Industri 4.0 dan Pekerjaan Masa Depan

Juga pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kemampuan memahami dan merasa nyaman bekerja dengan berbagai jenis orang dari latar belakang yang berbeda.

7 pekerjaan yang terancam

Di sisi lain, ada beberapa jenis pekerjaan yang terancam digantikan oleh teknologi baru. WEF menyebutkan antara lain;

  1. Data Entry Clerks
  2. Administrative and Executive Secretaries
  3. Accounting and Bookkeeping and Payroll Clerks
  4. Accountant and Auditors
  5. Assembly and Factory Workers
  6. Business Services
  7. Administrative Managers

Namun jangan terburu khawatir. Disrupsi di bidang pekerjaan tersebut diimbangi dengan penciptaan lapangan kerja di bidang baru.

Halaman:
Sumber WEFORUM
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com