Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Arkeolog Temukan Machu Picchu 24 Juli 1911

Kompas.com - 24/07/2021, 08:45 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 110 tahun lalu, tepatnya pada 24 Juli 1911, arkeolog asal Amerika Serikat, Hiram Bingham, menemukan reruntuhan bersejarah Machu Picchu di Peru.

Melansir History, Machu Picchu merupakan peninggalan kebudayaan bangsa Inca yang tersembunyi di daerah pegunungan di sebelah barat laut Cuzco, Peru.

Tempat tersebut diyakini sebagai tempat peristirahatan musim panas bagi para pemimpin Inca, yang peradabannya nyaris dimusnahkan oleh invasi kolonial Spanyol pada abad ke-16.

Baca juga: UPDATE Corona 24 Juli: Indonesia Catat Angka Kematian Harian Tertinggi, Peringkat 14 Kasus Terbanyak di Dunia

Tersembunyi ratusan tahun

Selama ratusan tahun, keberadaan Machu Picchu tersembunyi dari dunia luar, dan hanya diketahui oleh para petani yang tinggal di wilayah tersebut.

Baru pada musim panas 1911, situs bersejarah itu ditemukan oleh Bingham dan tim penjelajahnya, yang sedang melakukan misi pencarian terhadap kota-kota Inca yang "hilang".

Dalam usaha menemukan Machu Picchu, Bingham dan timnya menempuh perjalanan dengan menunggang keledai dan berjalan kaki dari Cuzco ke Lembah Urubamba.

Di Urubamba, seorang petani setempat memberi tahu rombongan itu tentang beberapa reruntuhan yang terletak di puncak gunung terdekat.

Petani itu menyebut lokasi itu sebagai Machu Picchu, yang berarti "Puncak Tua" dalam bahasa asli Quechua.

Baca juga: [POPULER TREN] WHO Desak Indonesia Lakukan Kuncian Ketat | Bahaya Konsumsi Vitamin D Berlebihan

Dipandu anak 11 tahun

Pada 24 Juli 1911, setelah melalui pendakian yang sulit dalam cuaca dingin dan gerimis, Bingham dan timnya bertemu dengan sekelompok kecil petani lokal yang kemudian menunjukkan lokasi persis Machu Picchu kepada tim penjelajah itu.

Akhirnya, dipandu seorang anak laki-laki berusia 11 tahun, Bingham dan timnya berhasil menyaksikan rangkaian teras bebatuan rumit, yang menandai pintu masuk ke Machu Picchu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com