Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Infeksi Jamur Hitam yang Melanda India

Kompas.com - 24/07/2021, 07:47 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, India mengalami lonjakan kasus infeksi jamur hitam dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Kasus infeksi jamur hitam atau mucormycosis di India bahkan mencapai lebih dari 45 ribu dalam waktu dua bulan terakhir ini.

Melansir BBC, Kementerian Kesehatan India telah melaporkan 45.374 infeksi mucormycosis. Laporan tersebut disampaikan pada Selasa (20/7/2021).

Baca juga: 13 dari 1.000 Pasien Covid-19 di Gujarat India Terinfeksi Jamur Hitam

Dua negara bagian yang terkena dampak terburuk yaitu Maharashtra dan Gujarat, dengan 1.785 orang telah meninggal akibat mucormycosis.

"Biasanya, kematian pada mucormycosis terjadi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah terkena penyakit. Sistem kami saat ini tidak bagus untuk menangkap data itu," kata Dr Raghuraj Hegde, seorang ahli bedah mata yang berbasis di Bangalore.

Lalu apa sebenarnya infeksi jamur hitam yang kini tengah melanda puluhan ribu warga India? Berikut sejumlah fakta mengenai penyakit jamur hitam atau mucormycosis.

1. Penyakit mematikan

Melansir Kompas Health, infeksi jamur hitam disebabkan oleh jamur dari ordo Mucorales. Jamur ordo Mucorales mencakup spesies yang biasanya ditemukan di tanah, debu, vegetasi yang membusuk, dan kotoran hewan.

Infeksi jamur hitam bisa menyebar dengan cepat dari hidung dan sinus ke wajah, rahang, mata, dan otak.

Dinamakan jamur hitam karena infeksinya bisa menyebabkan perubahan warna kulit menjadi menghitam. Hal itu karena jamur menghalangi aliran darah, membunuh jaringan yang terinfeksi, dan jaringan mati atau nekrotik.

Selain itu, jamur hitam juga merupakan penyakit yang sangat agresif. Ahli bedah terpaksa menghilangkan mata, hidung dan rahang pasien untuk menghentikan penyebarannya ke otak. Kantor berita AFP melaporkan, tingkat kematiannya di atas 50 persen.

Baca juga: Sudah Ada di Indonesia Sebelum Pandemi, Kenali Gejala Jamur Hitam dan Cara Mencegahnya

2. Cara penularannya

Jamur hitam tidak dapat ditularkan dari orang ke orang. Infeksi jamur hitam dimulai ketika seseorang bersentuhan dengan spora jamur di lingkungannya.

Biasanya, jamur hitam menginfeksi orang yang memiliki masalah kesehatan atau mengonsumsi obat yang menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur hitam yang masuk melalui luka atau goresan juga dapat berkembang di kulit hingga menyebabkan kerusakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com