Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Lulusan D4 Mendaftar Lowongan CPNS untuk S-1?, Ini Kata BKN

Kompas.com - 17/07/2021, 09:45 WIB
Mela Arnani,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih dibuka hingga 21 Juli mendatang.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti seleksi dapat mendaftarkan diri secara online melalui laman SSCASN, sscasn.bkn.go.id 

Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengupdate jumlah pendaftar dan formasi yang paling banyak dan paling sedikit pendaftar setiap harinya. 

Baca juga: UPDATE CPNS 2021: 10 Instansi dengan Pelamar Terbanyak dan Tersepi Peminat

Sementara itu, dari pantauan Kompas.com, sejumlah pelamar menanyakan hal terkait kualifikasi pendidikan dari sejumlah formasi yang dibuka. 

 

Pertanyaan dilontarkan melalui media sosial Twitter, ditujukan kepada akun resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoid.

Berikut salah satunya:

"Min saya lulusan S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia apakah bisa mendaftar untuk jurusan S-1 Bahasa dan Sastra Indonesia ?," tulis akun @CareuhIrawan.

Tanggapan BKN

Menurut informasi resmi dari BKN, banyak pertanyaan yang masuk seputar kesesuaian latar belakang pendidikan dengan syarat pendidikan pada formasi yang diinginkan calon ASN.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN Mohammad Ridwan menekankan pelamar agar tidak memaksakan jurusan atau bidang pendidikannya, jika tidak dicantumkan atau tertera dalam syarat pendidikan yang diumumkan instansi.

“Misalnya jenjang D4 melamar pada jabatan yang mensyaratkan kualifikasi S1 atau gelar pendidikan melamar pada formasi yang mensyaratkan non-pendidikan,” ujar Ridwan seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Persyaratan Umumnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com