Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Vaksin Covid-19 GX-19N Asal Korsel Kantongi Izin Uji Klinik BPOM

Kompas.com - 11/07/2021, 19:45 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk akan mulai melakukan uji klinik tahap 2b/3 terhadap vaksin GX-19N asal Korea Selatan di Indonesia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui pengujian klinik vaksin Covid-19 GX-19N tersebut.

Ketua BPOM Penny K.Lukito dikutip dari Kompas.com menjelaskan uji klinik tahap 2b/3 tersebut akan mulai bulan Juli 2021 ini.

Analisa interim terhadap keamanan dan efikasi vaskin diutamakan sehingga dapat memicu kekebalan tubuh terhadap infeksi Covid-19.

"Badan POM mendukung berbagai upaya pengembangan dan penelitian vaksin dan obat untuk mendukung upaya keluar dari Covid-19 termasuk vaksin GX-19N," kata Penny.

Baca juga: Mengenal Vaksin GX-19N dari Korsel yang Akan Diuji di Indonesia

Mengenal Vaksin GX-19N

Tim peneliti uji klinik Vaksin Covid-19 GX-19N sudah mempelajari DNA Vaksin GX-19N yang merupakan produk dari pengembang vaksin asal Korsel, Genexine.

"Kami sudah mempelajari DNA vaksin GX-19N, terlihat vaksin ini memiliki potensi yang sangat baik untuk memberikan proteksi terhadap berbagai varian virus dan kemungkinan memproteksi jangka waktu yang lebih lama," jelas Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin Covid-19 GX-19N Prof Dr dr Iris Rengganis So. PDKAI.

CEO Genexine, Inc Young-Chul Sung, Ph.D mengatakan vaksin GX-19N adalah vaksin yang dikembangkan oleh konsorsium Genexine, Binex, the international Vaccine Institute (IVI), GenBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

Baca juga: Direstui BPOM, Kalbe Farma Segera Mulai Uji Klinis Vaksin GX-19N

Uji klinik vaksin GX-19N rekrut 1.000 subyek

Sebanyak 1.000 subyek berusia 18 tahun keatas akan mendapatkan suntikkan uji klinik vaksin GX-19N. Pusat lokasi penelitian berada di FKUI dan RSCM sebagai rumah sakit rujukan serta beberapa satelit yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi, Yogyakarta, Solo dan Klaten.

Kerja sama beberapa rumah sakit dan fakultas kedokteran di Indonesia lainnya untuk pelaksanaan uji klinik vaksin GX-19N tersebut.

Uji klinik GX-19N tahap 1 dan 2a di Korea Selatan

Tahapan uji klinik 1 dan 2a telah dilakukan di Korea Selatan, sementara uji klinik tahap 2b/3 akan dilanjutkan dengan melibatkan banyak negara atau secara multinasional.

Uji klinik vaksin GX-19N juga dilakukan di beberapa negara dengan merekrut 30.1418 relawan yaitu:

  • Turki
  • India
  • UAE
  • Meksiko
  • Peru
  • Kolombia
  • Malawi
  • Afrika Selatan
  • Cekoslowakia
  • Polandia
  • Indonesia

Baca juga: Harga Vaksin Covid-19 Berbayar Kimia Farma Rp 321.660 Ditambah Biaya Pelayanan

(Penulis Ellyvon Pranita/Editor Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com