Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Melakukan Proning untuk Tingkatkan Saturasi Oksigen Pasien Covid-19

Kompas.com - 10/07/2021, 07:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Penurunan saturasi oksigen kerap dialami oleh pasien yang terinfeksi Covid-19. Meski tidak semua pasien Covid-19 mengalami, risiko penurunan saturasi oksigen bisa berakibat fatal yakni kematian.

Karena itu, seiring dengan lonjakan kasus Covid-19, kebutuhan akan tabung oksigen juga meningkat.

Di beberapa tempat ketersediaan tabung oksigen sebagai alat bantu pernapasan pasien Covid-19 juga sudah mulai sulit dicari.

Baca juga: Perbedaan Gejala Umum Covid-19 dengan Varian Delta

Namun untuk mengantisipasi menurunnya saturasi oksigen, ahli menyarankan sebuah metode yang dinamakan proning. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kembali saturasi oksigen di dalam tubuh.

Dokter Spesialis Paru (Pulmonologi dan Respiratori) di RS Primaya Hospital Karawang, dr Nurhayati SpP(K) membenarkan, bahwa posisi prone atau proning bisa membantu pasien Covid-19 dalam keluhan saturasi oksigen yang menurun.

"Iya benar (Proning) dapat meningkatkan ventilasi paru, meningkatkan perfusi paru, juga volume akhir ekspirasi dan pemerataan volume tidal," kata Nurhayati kepada Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Proning merupakan teknik yang terbukti secara medis dapat membantu menambah jumlah oksigen.

Nilai normal saturasi oksigen

Sebelum lebih jauh membahas tentang proning, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu nilai normal saturasi oksigen di dalam tubuh. Nilai normal saturasi oksigen menunjukkan seberapa baik fungsi paru, jantung, dan sistem peredaran darah Anda.

Baca juga: Teknik Proning Selamatkan Nyawa Pasien Corona, Begini Penjelasannya

Kadar oksigen normal adalah berkisar 95 sampai 100 persen. Ini artinya hampir semua sel darah merah mengangkut oksigen dan tidak ada hambatan dalam sistem peredaran darah.

Namun, pada beberapa orang dengan penyakit paru kronis, kadar oksigen yang dimiliki biasanya lebih rendah, yaitu sekitar 90 sampai 94 persen.

Contoh penyakit paru kronis adalah asma dan emfisema. Sedangkan nilai di bawah itu dikategorikan hipoksia atau kekurangan oksigen.

Jika Anda mengalami hipoksia, maka Anda harus segera mendapatkan bantuan oksigen untuk tubuh Anda, agar tubuh masih bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksakan diri untuk mengetahui jika ada gangguan pada organ lain yang menyebabkan turunnya kadar oksigen.

Mengingat saat ini untuk mendapatkan tabung oksigen bagi pasien Covid-19 tidak mudah, metode proning diharapkan bisa membantu meningkatkan saturasi oksigen pasien.

Baca juga: Apa Itu Anosmia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara proning yang baik dan benar

Proning baik dilakukan oleh pasien Covid-19 yang bergejala ringan maupun sedang, supaya menekan risiko terjadinya perburukan atau gejala yang berat akibat infeksi virus SARS-CoV-2 tersebut did alam tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com