Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik untuk Warga Jabar, Ini Cara Ajukan Bantuan Obat Selama Isoman Melalui Pikobar

Kompas.com - 06/07/2021, 08:29 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyediakan fitur informasi isolasi mandiri (Isoman) melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 atau Pikobar.

Fitur Isoman ini ditujukan bagi warga Jabar yang membutuhkan informasi dan kebutuhan selama menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

"Kami menunda dan membatalkan 11 proyek infrastruktur untuk kepentingan penanganan Covid, khususnya penyediaan obat dan vitamin bagi warga yang isoman. Sehingga, banyak yang bisa sembuh dan penularan dapat dikendalikan," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dari keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Panduan Lengkap Isolasi Mandiri Anak-anak Menurut IDAI

Ada 4 poin utama dalam fitur Isoman, meliputi:

  • Informasi edukasi terkait tata cara isolasi mandiri
  • Prosedur pemantauan kontak erat
  • Telekonsultasi dengan dokter dari Dinas Kesehatan Jabar
  • Permohonan obat-obatan dan multifitamin

Warga Jabar yang sedang menjalani isolasi mandiri serta membutuhkan bantuan obat dan vitamin bisa mengajukan bantuan melalui aplikasi ini.

Bagaimana caranya? Simak selengkapnya!

Kebutuhan isolasi mandiri

Pemberian obat dan vitamin gratis ini karena adanya kebingungan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama isolasi mandiri.

"Yang menjalani isoman jumlahnya cukup banyak dan saya menerima komplain dari warga yang kebingungan harus berkonsultasi ke siapa. Lalu, mereka juga kebingungan mendapatkan obat-obatan dan suplemen," kata Ridwan Kamil, yang biasa disapa Emil.

Warga Jabar juga bisa mengajukan konsultasi jarak jauh dengan dokter dari Dinas Kesehatan terkait keluhan yang dialami selama menjalani isolasi mandiri.

Layanan ini bagian dari upaya mengurangi beban fasilitas kesehatan dan rumah sakit di Jabar.

"Problem di luar rumah sakit ini menjadi latar belakang dan inisiatif Pemda Provinsi Jabar membuka konsultasi dokter secara online melalui Pikobar dan memberi obat serta suplemen gratis sesuai prosedur kepada mereka yang isoman," kata Emil.

Sumber dana untuk memenuhi kebutuhan isoman warga ini diambil dari refocusing anggaran pembangunan 11 proyek infrastruktur sebesar Rp 140 miliar.

Anggaran sebesar Rp 140 miliar tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dan suplemen bagi pasien Covid-19.

Baca juga: 3 Vitamin yang Dibutuhkan bagi Pasien Isolasi Mandiri

Pengajuan obat dan vitamin

Pikobar dapat diakses melalui aplikasi yang dapat dipasang di Android dan iOS.

Apabila ingin mengajukan obat-obatan dan vitamin melalui situs web, dapat mengunjungi portal https://pikobar.jabarprov.go.id/.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com