Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sayembara Unik di Indonesia, Buka Kalung Ban di Leher Buaya hingga Cari Istri Hilang Berhadiah Rp 150 Juta

Kompas.com - 27/06/2021, 18:32 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Sayembara menjadi salah satu cara populer seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Misalnya sayembara membuat logo, konsep desain, lagu mars dan lainnya.

Sayembara ini tentu saja disertai dengan iming-iming hadiah menarik, mulai barang mewah hingga uang.

Sebab, sayembara itu sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online adalah perlombaan dengan memperebutkan hadiah.

Nah, di Indonesia sendiri, banyak orang yang menggelar sayembara, namun ada beberapa yang unik.

Salah satunya yang sedang hangat dan menjadi pembicaraan orang adalah sayembara yang dilakukan pengusaha sawit untuk mencari istrinya yang hilang di mal dengan hadiah ratusan juta rupiah.

Ada pula sayambara untuk mencari nama anak terbaik bagi pejabat, membuka ban bekas yang mengalung di leher buaya, hingga mencari istri hilang.

Berikut sayembara unik di Indonesia.

1. Membuka kalung ban di leher buaya

Buaya berkalung ban sepeda motor bekas di lehernya di sungai di Palu, Sulawesi Tengah, 20 September 2016. Antara/Mohamad Hamzah via Reuters Buaya berkalung ban sepeda motor bekas di lehernya di sungai di Palu, Sulawesi Tengah, 20 September 2016.

Pada awal tahun 2020, tepatnya Februari, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah mengumumkan sayembara untuk membuka ban bekas yang mengalung di leher buaya liar.

Sayembara itu demi membebaskan buaya di Sungai Palu hingga Teluk Palu dari ban bekas yang melilit di leher hewan melata itu.

"Jika ada masyarakat yang berhasil melepas ban bekas di leher buaya itu, kami akan berikan imbalan," kata Kepala BKSDA Sulawesi Tengah Hasmuni Hasma di Palu, Selasa (18/1/2020), sebagaimana dilansir dari Kompas Regional.

Baca juga: Sepi Peminat, Sayembara Bebaskan Buaya Terjerat Ban Bekas Akhirnya Dibatalkan

Namun Hasmuni tidak menyebutkan bentuk imbalan tersebut.

Lalu pada Februari 2020, BKSDA menutup sayembara itu karena sepi peminat. Akhirnya BKSDA menyiapkan tim khusus berikut peralatannya untuk menyelamatkan buaya tersebut.

2. Sayembara nomor Bupati Blora

Sayembara Nomor Handphone Bupati BloraTangkapan Layar Facebook Sayembara Nomor Handphone Bupati Blora

Pada Agustus 2020, warga Blora melalui media sosial menggelar sayembara untuk menemukan nomor ponsel Bupati Blora Djoko Nugroho. Sayembara diumumkan di akun Facebook "Blora Updates".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com