Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo HUT Ke-76 RI: Link Download, Pedoman Penggunaan, hingga Filosofi

Kompas.com - 21/06/2021, 07:00 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan logo dan tema peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Logo dan tema HUT RI itu diunggah oleh situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, 17 Juni 2021.

Melalui surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021, Mensesneg Pratikno menyampaikan logo dan tema HUT RI itu ke seluruh jajaran pemerintah. 

Di antaranya kepada pimpinan lembaga, menteri, gubernur Bank Indonesia, jaksa agung, panglima TNI, kapolri, para pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, para pimpinan lembaga nonstruktural, para gubernur, bupati, hingga wali kota di seluruh Indonesia.

Baca juga: Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Kuning Gratis untuk Pencari Kerja

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto menjelaskan, tema utama untuk Kemerdekaan ke-76 tahun RI sesuai yang sudah ditetapkan Presiden RI, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

"Tahun ini, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia mengambil tema Indonesia "Tangguh, Indonesia Tumbuh," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Filosofi logo

Dihubungi terpisah Pranata Humas Ahli Pertama Kemensetneg, Bayu Gialucca Vialli menjelaskan logo Kemerdekaan ke-76 RI ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini.

"Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik," katanya pada Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Lanjutnya, deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Secara umum ada 4 makna logo, yaitu:

  1. Stabilitas dan pembangunan
  2. Gerak dan pertumbuhan
  3. Ruang kebersamaan
  4. Persatuan dan harapan.

Baca juga: Cara Mengecek Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit Pasien Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com