Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Tembak Mati Warga di Kalsel, Oknum TNI Siram Istri Korban dengan Minuman

Kompas.com - 05/06/2021, 06:51 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Kasus anggota TNI menembak seorang warga hingga tewas di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, akibat cekcok setelah ketiganya menolak pulang karena warung sudah tutup.

Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Letkol Taufik Hanif mengatakan, dari keterangan yang dihimpun pihaknya, ada tiga orang oknum anggota TNI yang mendatangi warung biliar di Jalan Transmigrasi Kilometer 8, Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu pada, Rabu (2/6/2021) dini hari. Mereka adalah Pratu TA, Praka HRT dan Praka MS.

"Mereka datang menggunakan dua motor. Ketiganya tidak pakaian dinas," ujar Letkol Taufik Hanif dalam keterangan resminya yang diterima, Kamis (3/6/2021) malam.

Baca juga: Fakta 3 Anggota TNI Tembak Warga hingga Tewas, Berawal dari Cekcok di Warung hingga Denpom Turun Tangan

 

Ketiganya datang hampir pukul 03.00 Wita saat warung tersebut sudah mau tutup.

Mereka pun diminta pulang oleh salah seorang pekerja warung berinisial R. Perempuan berinisial R itu merupakan istri korban yang kebetulan datang menjemput.

"Mereka marah saat diminta pulang karena warung akan ditutup," jelasnya.

Saat diminta pulang, salah satu oknum anggota TNI sempat menyiramkan minuman ke tubuh R. Melihat hal itu, korban mendatangi ketiga pelaku dengan maksud menegur.

Cekcok pun tak terhindarkan. Saat cekcok masih berlangsung, salah satu oknum anggota TNI itu kemudian keluar menuju sepeda motor untuk mengambil senjata laras panjang. Korban kemudian ditembak di bagian perut kanan dan pangkal paha kanan hingga ambruk.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan Polres Tanah Bumbu, petugas menemukan selongsong peluru kaliber 5,56.

Pelakuya diduga oknum anggota TNI sehingga polisi Tanah Bumbu berkoordinasi dengan Dandim 1022/Tanah Bumbu.

"Sudah kami tahan, semua prajurit yang ada di TKP dalam penyelidikan. Satu senjata laras panjang sudah kami amankan," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang warga berinisial HJ (25) asal Jalan Karang Jawa, Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), tewas ditembak orang tak dikenal (OTK).

Baca juga: Cekcok dengan 3 Anggota TNI, Pekerja Warung Biliar Tewas Ditembak Senjata Laras Panjang

 

Kejadian penembakan itu terjadi di sebuah warung di Jalan Transmigrasi Kilometer 8, Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu pada Rabu (2/6/2021) dini hari.

Korban tewas setelah mengalami luka tembak di bagian perut sebelah kanan dan pangkal paha sebelah kanan. Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa korban tak bisa ditolong. (Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar, Khairina | Editor Khairina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com