Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata LAPAN dan BPPTKG soal Dugaan Meteor Jatuh di Puncak Merapi

Kompas.com - 29/05/2021, 11:00 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekelebat cahaya terang diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi.

Kabar tersebut viral setelah sebuah foto yang menunjukkan hal tersebut diunggah oleh akun Twitter @merapi_uncover pada Jumat (28/5/2021).

"Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021). Foto: Gunarto_song," tulis akun Twitter @merapi_uncover.

Pengunggah foto, Gunarto Song, mengungkapkan bahwa foto itu diambilnya, ketika ia berada di Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta pada Kamis (27/5/2021).

Namun, pihaknya tidak berani memastikan benda tersebut adalah meteor. Bagaimana penjelasan LAPAN dan BPPTKG?

Baca juga: Cahaya Misterius di Puncak Gunung Merapi Terekam CCTV, Lapan: Kemungkinan Meteor

Penjelasan LAPAN

Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging mengatakan bahwa benda bercahaya yang jatuh dan viral di media sosial dimungkinkan adalah meteor.

"Kalau dilihat dari fotonya, sepertinya betul itu meteor," ujar Emmanuel pada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Dia mengatakan warna benda yang terlihat dalam foto itu adalah biru kehijauan (cyan). Itu adalah salah satu warna yang biasanya dihasilkan meteor.

Benda yang diduga meteor itu memancarkan warna cyan, karena membawa kandungan magnesium.

Terkait viralnya penemuan benda bercahaya yang diduga sebagai meteor ini, Emmanuel mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan benda tersebut wajib melaporkannya kepada pihak berwajib.

Sementara, pihak Lapan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan tindakan.

Lebih lanjut, masyarakat diminta untuk tidak dekat-dekat jika menemukan benda antariksa yang jatuh.

Baca juga: Ramai Foto Diduga Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Penjelasan Lapan

Penjelasan BPPTKG

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan kamera CCTV yang ada di sisi timur Gunung Merapi sempat merekam cahaya tersebut.

"Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," ujar Hanik dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com Jumat (28/05/2021).

Meski cahaya itu terekam CCTV tapi tidak ada laporan terkait suara cahaya itu. Selain itu, data kegempaan Gunung Merapi juga tidak terdapat sinyal yang signifikan.

"Tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi," tegas Hanik.

Pihak BPPTKG tidak bisa memastikan benda yang terlihat jatuh ke kawah Gunung Merapi, karena itu bukan bagian dari tugasnya.

Hanik menyampaikan saat ini aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran.

Baca juga: 20 Fenomena Langit Mei 2021: Hujan Meteor hingga Matahari di Atas Kabah

(Sumber: Kompas.com/Retia Kartika Dewi, Wijaya Kusuma | Editor: Sari Hardiyanto, Teuku Muhammad Valdy Arief)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com