Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Presiden Joe Biden Berlutut di Depan Anak George Floyd

Kompas.com - 16/04/2021, 14:10 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah foto berisi Presiden Amerika Serikat Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak kecil beredar di media sosial.

Dalam narasinya, pengunggah menyebutkan bahwa Joe Biden berlutut memohon maaf di depan anak laki-laki George Floyd atas kesalahan pihak polisi.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut tak sesuai dengan fakta foto dan butuh klarifikasi lebih lanjut.

Narasi yang beredar

Akun yang mengunggah foto tersebut adalah Khairul Asyhar Idris di Facebook pada 14 April 2021.

Berikut isi unggahannya:

Pemimpin hebat dunia , Presiden USA Joe Biden berlutut, memohon maaf didepan anak lelaki George Floyd diatas kesilapan pihak Polis terhadap kematian Bapanya.

"Ular menyusur akar, tidak akan hilang bisanya"

Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak Tangkapan layar unggahan Facebook berisi foto Joe Biden sedang berlutut di depan seorang anak

Lantas, benarkah Joe Biden berlutut meminta maaf di depan anak George Floyd?

Penelusuran Kompas.com

Melansir AFP, anak laki-laki dalam foto tersebut bukanlah anak dari George Floyd, melainkan putra pemilik toko Three Thirteen.

Foto itu diambil pada September 2020 saat Biden berbelanja untuk cucunya di toko pakaian Three Thirteen, Detroit, Michigan.

Foto kunjungan itu juga diabadikan oleh salah satu fotografer AFP Jim Watson.

"Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berbicara (kepada) CJ Brown (Kanan), putra pemilik, saat dia berbelanja untuk cucunya di toko Three Thirteen," bunyi keterangan foto itu.

Gambar serupa lainnya tersedia di agensi foto internasional Getty Images, diambil oleh fotografer Chip Somodevilla pada 9 September 2020.

Biden juga mengunggah foto serupa dengan angel yang berbeda di akun Instagram-nya pada 15 September.

"Anak-anak kita selalu menjadi pengingat mengapa saya terlibat dalam pertarungan (capres) ini. Kita perlu membangun ekonomi yang memberikan kesempatan yang adil bagi mereka dan keluarga mereka.

Kita perlu membasmi rasisme sistemik sehingga mereka tumbuh di negara yang lebih adil daripada yang kita miliki sekarang. Kita perlu memerangi perubahan iklim sehingga ada dunia yang tersisa bagi mereka untuk berkembang.

Saya percaya akan masa depan yang lebih baik untuk anak-anak kita dan akan berjuang untuk mereka sampai akhir," tulis Biden.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi dalam unggahan tersebut tak sesuai dengan konteks foto.

Sebab, anak dalam foto tersebut merupakan anak dari pemilik toko Three Thirteen dan diabadikan saat Biden berbelanja di toko tersebut pada September 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com