Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Keju Mozarella, Tercipta Secara Tak Sengaja

Kompas.com - 03/04/2021, 13:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Keju mozarella adalah penambah citarasa berbagai sajian ala Itali seperti pizza. Tanpa keju meleleh yang gurih menggoda itu, pizza tak bisa sempurna dikatakan pizza.

Mozarella juga merambah resep-resep lain. Keju ini digunakan untuk melengkapi burger, melengkapi lasagna, melengkapi steak, bahkan juga di Indonesia sini, digunakan juga untuk melengkapi ayam geprek dan sajian mie instan.

Mozarella adalah keju kelahiran tanah Itali. Proses pembuatannya memiliki cerita unik yang menarik untuk disimak.

Asal nama dan cara pembuatan 

Mozarella atau mozzarella berasal dari bahasa Itali, mozzare, yang memiliki arti memotong. Hal ini diambil dari proses pembuatan keju ini, yang memang menggunakan teknik memutar dan memotong untaian.

Mozarella awalnya terbuat dari susu kerbau. Meski kemudian ada pula produsen yang mengolah mozarella dari susu sapi.

Baca juga: 5 Resep Makanan Pakai Keju Mozzarella, Tidak Cuma Pizza

Mozarella yang terbuat dari susu kerbau dinamakan mozzarella di bufala, dan mozarella yang terbuat dari susu sapi dinamakan mozzarella fior di latte

ILUSTRASI - Keju mozarellaPixabay/PDPhotos ILUSTRASI - Keju mozarella
Tekstur mozarella lembut dan kenyal. Terkadang berwarna putih bersih, terkadang berwarna sedikit kekuningan. Soal warna ini, sangat tergantung dari bahan makanan ternak yang diambil susunya.

Umumnya mozarella berkadar air tinggi, sehingga sebaiknya dikonsumsi pada hari itu juga ketika mozarella selesai dibuat. Namun dengan kadar air dikurangi dan dikemas dalam plastik hampa udara, mozarella bisa bertahan lebih lama jika disimpan di lemari pendingin.

Baca juga: Sejarah Keju, Dimulai dari Yunani Kuno dan Berkembang di Romawi Kuno

Ditemukan secara tak sengaja 

Merunut sejarah, mozarella lahir di daerah Naples, Itali, sekitar abad ke-12. Penemuannya sendiri secara tak sengaja. Jadi bukan karena tangan terampil pembuat keju yang berusaha menciptakan varian keju baru.

Naples adalah daerah peternakan dan pertanian subur. Di tempat itu, banyak sekali petani yang memelihara kerbau untuk dimanfaatkan membajak ladang juga mengangkut barang.

Nah dalam sebuah peternakan, suatu hari ada seorang pegawai yang secara tak sengaja menjatuhkan susu kerbau ke dalam air panas yang tengah mendidih. 

Susu dalam kontainer yang akan digunakan membuat keju.Pixabay/Suju_Foto Susu dalam kontainer yang akan digunakan membuat keju.
Pekerja itu akhirnya mendapatkan sebuah bentuk keju baru, yang kenyal dan bisa melar ketika ditempatkan di suhu panas.

Di masa itu, keju mozarella tak bisa disimpan lama alias tak awet. Hal ini lantaran dalam pembuatannya, susu kerbau yang ada belum melalui proses pasteurisasi.

Dari abad ke-12, keju mozarella berkembang terus mengalami modifikasi-modifikasi. Hingga akhirnya di abad ke-16, mozarella mulai tenar di seluruh daerah Italia, khususnya Italia bagian selatan.

Baca juga: 8 Tips Lelehkan Keju Mozzarella agar Tidak Gumpal

Macam-macam varian mozarella

Mozarella masa kini dibuat dengan cara memanaskan susu di suhu 33-36 derajat celsius. Ketika susu sudah mulai panas, rennet atau enzim yang digunakan untuk membuat keju, ditambahkan ke dalamnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com