Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Manfaat Lengkuas dalam Semangkuk Sajian

Kompas.com - 15/03/2021, 18:45 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Lengkuas dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun apa sih sebenarnya manfaat lengkuas dalam sajian?

Seperti diberitakan Kompas.com (25/04/2020), tanaman yang memiliki nama ilmiah Alpona galangal ini bisa digunakan untuk meringankan berbagai gangguan kesehatan.

Lengkuas bisa digunakan untuk membangkitkan napsu makan, mengobati rematik, mengatasi bronkitis, mengatasi campak, mengobati sakit limpa, mengobati demam, mengobati kutu air, juga mengatasi stretch mark selepas melahirkan.

Berbagai khasiat ini dikarenakan lengkuas mengandung minyak atsiri dan beberapa senyawa kimia yang baik bagi tubuh.

Baca juga: 3 Manfaat Rempah pada Zaman Dulu, Dipakai sebagai Pengharum Mulut?

Dalam Healthline juga disebutkan bahwa lengkuas kaya akan antioksidan yang bisa digunakan untuk mencegah beberapa jenis kanker. Sedangkan akar dari lengkuas, bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seks.

Lantas apa sebenarnya guna lengkuas di dalam sajian? Apakah memberikan aroma? Atau menambahkan citarasa? 

Berikut manfaat lengkuas jika dimasukkan ke dalam sebuah sajian:

1.  Mengurangi bau tak sedap

Seringkali kita memasak menggunakan bahan-bahan yang aromanya kurang sedap, seperti ikan yang berbau amis atau daging kambing yang prengus.

Nah guna lengkuas, adalah untuk menetralisir bau tersebut. Aroma lengkuas yang kuat, apalagi jika dimemarkan hingga keluar airnya, bisa menutup bau amis dari bahan-bahan makanan. 

Baca juga: Resep Ceker Goreng Lengkuas, Hasilnya Empuk dan Gurih

2. Memberi aroma khas

Aroma lengkuas yang digeprek memang kuat, ada sedikit aroma pedas dan galak yang tersamar di dalamnya. Nah aroma inilah, yang sering dicari oleh para peramu bahan dapur.

Aroma dalam lengkuas jika berpadu dengan bahan makanan dan bumbu-bumbu lain, bisa menciptakan aroma sajian jadi lebih kuat dan menggoda selera makan.

3. Menambah citarasa

Selain beraroma kuat, lengkuas juga memiliki citarasa khas. Ada sesapan pedas di dalam serat lengkuas. Pedas lengkuas ini beda dengan pedas cabai yang terlalu kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com