Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Ulang Tahun, Kurt Cobain!

Kompas.com - 20/02/2021, 10:30 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 1992, di Reading Music Festival, tiga orang pemuda menghentak ribuan penggemar musik yang hadir saat itu dalam balutan musik cadas dan lirik-lirik energik, yang membangkitkan semangat pemberontakan khas darah muda.

"Load up on guns, bring your friends
It's fun to lose and to pretend
She's over-bored and self-assured
Oh no, I know a dirty word,"

Begitulah penggalan lirik dari lagu hits Smells Like Teen Spirit, yang dibawakan oleh bassist Krist Novoselic, drummer Dave Grohl, dan gitaris sekaligus vokalis Kurt Cobain, dari grup band beraliran grunge, Nirvana.

Baca juga: Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern

Nirvana

Membicarakan tentang Nirvana, tentu tidak bisa dilepaskan dari nama Kurt Cobain, yang merupakan pendiri, penulis lagu, gitaris dan vokalis band.

Cobain adalah sosok fenomenal yang melambungkan nama Nirvana, bahkan setelah band itu bubar tahun 1994 pasca kematiannya.

Ketenaran Nirvana, salah satunya disebabkan oleh kemampuan Cobain meracik lirik, yang terasa relevan bagi setiap anak muda yang beranjak dewasa, muak pada dunia, dan ingin memberontak.

Hal itu kemudian membuat Cobain kala itu dinobatkan sebagai voice of his generation atau suara dari jamannya, gelar yang sebenarnya "tidak diharapkan" olehnya, dan ditengarai sebagai faktor penambah depresi yang telah lama menjangkitinya.

Berasal dari keluarga broken home

Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan) Grup rock Nirvana dan Kurt Cobain (kanan)

Melansir Biography, Kurt Donald Cobain lahir pada 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat. Semasa kanak-kanak, Cobain telah menunjukkan bakatnya di bidang seni dan senang mendengarkan musik.

Dia memiliki adik perempuan bernama Kim yang lahir pada 1971. Meski demikian, keduanya kemudian berpisah lantaran kedua orang tua mereka yang memutuskan bercerai.

Pada usia sembilan tahun, Cobain tinggal bersama ayahnya, yang belakangan menikah lagi. Hal itu menambah ketegangan antara hubungan Cobain dan ayahnya.

Pada awal 1980, dia kemudian ikut tinggal bersama ibunya, yang saat itu sudah memiliki kekasih baru.

Akan tetapi, kehidupan yang normal masih tidak dia dapatkan, karena Cobain sering bertengkar dengan ibunya, dan juga tidak akur dengan ayah tirinya.

Baca juga: Rekor, Gitar MTV Unplugged Kurt Cobain Terjual Rp 85,5 Miliar

Musik dan candu

Semasa SMA, Cobain mulai mengenal skena musik punk rock. Dia berkenalan dengan band punk rock lokal, Melvins, dan berteman dengan salah satu anggotanya, Buzz Osbourne.

Osbourne adalah orang yang kemudian mengenalkan Cobain dengan band-band beraliran punk lainnya. Namun, kesenangan baru Cobain itu tidak sepenuhnya berhasil menjauhkan pemuda itu dari jeratan alkohol dan obat-obatan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com