Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Unggahan soal Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook Kita

Kompas.com - 19/02/2021, 12:31 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sejumlah netizen di media sosial membagikan informasi mengenai cara mengetahui siapa saja yang bisa melihat profil Facebook kita.

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com kepada ahli teknik informatika dan dosen ilmu komputer, hal tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai cara melihat siapa saja yang telah mengintip profil Facebook kita secara diam-diam, beredar di media sosial Facebook.

Informasi tersebut, berdasarkan pantauan Kompas.com diunggah oleh sejumlah akun dengan narasi yang berbeda namun dengan inti pesan yang kurang lebih sama.

Pesan tersebut menjelaskan cara mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook kita yakni dengan cara melakukan klik pada sebuah tautan tertentu.

Sejumlah akun yang membagikan informasi tersebut adalah akun Facebook D'jeff dunham's Live, Giri Sani, dan Ella Toding.

"maaf nih ijin SHARE pengen tau siapa aja yang melihat profil kita? Mantan? Atau gebetan? aku juga baru check ternyata masih ada aja yang ngepoin
kamu juga bakal kaget deh kalo udah tau
kalian PENASARAN? AKU JUGA buat seru seruan yu check disini
https://bit.ly/3b1tY1d," tulisnya.

Hoaks, cara melihat siapa saja yang intip profil FBTangkapan layar Facebook Hoaks, cara melihat siapa saja yang intip profil FB

Konfirmasi Kompas.com

Berdasarkan konfirmasi Kompas.com, informasi mengenai adanya cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook kita adalah tidak benar.

Ahli IT yang juga dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana mengingatkan agar masyarakat berhati-hati apabila mendapat pesan demikian.

Pasalnya menurut Rosihan, Facebook dalam laman resminya telah menjelaskan bahwa hal semacam itu tidak bisa dilakukan.

"Sehingga jika ada yang mengatakan ada cara untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil kita, maka itu adalah fake," ujar Rosihan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Facebook dalam laman resmi berikut.

Dalam keterangan tersebut, Facebook menjawab pertanyaan mengenai 'bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?'

"Tidak, Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini," tulis Facebook.

Dalam keterangan itu, Facebook juga mengingatkan agar mereka yang menemukan aplikasi yang mengklaim bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook user untuk melaporkannya ke Facebook.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com