Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Pahlawan Transportasi Dunia 2021, Termasuk Anies Baswedan

Kompas.com - 05/02/2021, 18:28 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperoleh penghargaan internasional. Bahkan namanya disejajarkan dengan Elon Musk.

Anies masuk daftar 21 Heroes 2021 atau pahlawan transportasi dunia tahun 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

TUMI adalah organisasi yang mendorong inisiatif implementasi kebijakan tentang transportasi urban berkelanjutan. Organisasi asal Jerman itu dibentuk oleh 11 mitra bergengsi.

Baca juga: Anies Baswedan, Kaligis dan Tudingan Cari Panggung...

21 Heroes 2021 adalah penghargaan yang diberikan kepada 21 tokoh dunia yang dinilai mampu mengembangkan sistem transportasi urban berkelanjutan di tengah tantangan global menghadapi pandemi Covid-19.

Penghargaan 21 Heroes 2021 diberikan kepada mereka yang sukses mengembangkan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan yang sedang dihadapi saat ini, serta berinisiatif untuk mengembangkan mobilitas urban berkelanjutan pada 2021.

Anies Baswedan berada di peringkat ke-17.

Baca juga: Mengenal Elon Musk, Pria di Balik SpaceX...

Siapa saja yang masuk dalam daftar 21 Heroes 2021?

1. Elke Van den Brandt

Dia adalah Menteri Pemerintah Daerah Ibu Kota Brussels, Belgia.

Ketika pandemi datang ke Brussel, Elke Van den Brandt mengumpulkan timnya untuk menangani Mobilitas, Pekerjaan Umum, dan Keselamatan Jalan.

Virus Corona telah mengambil alih rumah dan tempat kerja orang, jadi Elke memutuskan untuk mengembalikan ruang publik kepada marsyarakat.

Pertama, dia mengambil alih jalan yang digunakan untuk mobil sebanyak lebih dari 70 persen untuk digunakan sebagai ruang publik.

Baca juga: Viral, Video Sepeda Treadmill di Semarang, Ini Cerita Selengkapnya

Elke kemudian membangun “jalan lambat” 100 km, membuat aturan bagi mobil untuk bergerak tidak lebih cepat dari 20 km/jam, memastikan keselamatan pejalan kaki, dan pengendara sepeda.

Jalur sepeda sepanjang 40 km juga dibangun dengan kecepatan dan kualitas yang belum pernah dilihat Brussel sebelumnya.

Mulai 1 Januari, rencana Elke untuk 'City 30' mengubah batas kecepatan maksimal menjadi 30 km/jam sebagai aturan, tidak terkecuali.

Baca juga: Viral Foto Mobil Dinas Terparkir di Jalur Sepeda

2. Carlos Cadena-Gaitán

Posisi kedua diisi oleh Sekretaris Transportasi Medellín, Kolombia.

Pada awal pandemi, Carlos menyebarkan alat pelindung diri (APD) kepada penduduk Medellín dan secara teratur memerangi virus di kendaraan angkutan umum dengan disinfektan.

Tetapi virus corona bukanlah satu-satunya pembunuh di jalanan Cadena-Gaitán.

Kematian di jalan menewaskan 10 dari setiap 100.000 penduduk, jadi dia mulai menerapkan pendekatan Vision Zero ke Rencana Pembangunan 2020-2023 kota untuk mengurangi kematian.

Baca juga: Ketersediaan APD, Risiko Tenaga Medis, dan Perlindungan Covid-19...

Selain itu, dia akan melawan emisi karbon dengan memperkenalkan jalur sepeda pop-up selama bulan-bulan pertama pandemi, yang memungkinkan peningkatan penggunaan pengendara sepeda wanita di atas 300 persen (dibandingkan dengan tahun sebelumnya).

Beberapa jalur ini sekarang diubah menjadi jalur sepeda permanen.

Dia adalah seorang profesor, peneliti, dan aktivis perkotaan, yang mengkhususkan diri pada hasil keberlanjutan perkotaan di Kota-kota Amerika Latin.

Carlos secara teratur berkontribusi pada beberapa publikasi Kolombia dan merupakan salah satu pendiri lembaga pemikir La Ciudad Verde.

Baca juga: Kisah di Balik APD Fashionable yang Viral di Medsos...

3. Andriy Bilyy

Dia adalah Manajer Transportasi & Mobilitas, Dewan Kota Lviv, Ukraina.

Di bawah kepemimpinan Andriy, Kota Lviv mengadopsi Rencana Mobilitas Perkotaan Berkelanjutan pada Februari 2020.

Itu adalah sebuah strategi berani untuk menentukan kebijakan kota tentang pergerakan untuk dekade berikutnya.

Rencana ini bertujuan untuk mengoptimalkan kota demi efisiensi, kenyamanan, nilai, keamanan, dan masalah lingkungan.

Baca juga: Viral Video Mobil Tangki Gas Elpiji Bocor di Jalan, Bagaimana Ceritanya?

Andriy berdedikasi untuk menciptakan jalan yang aman bagi semua orang.

Dia terkenal karena memprioritaskan berjalan kaki, bersepeda, dan transportasi umum di Lviv, dengan tujuan Vision Zero untuk kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, Andriy adalah orator hebat mobilitas berkelanjutan.

Vlognya: Bilyy Vlog di YouTube menarik banyak penonton secara teratur.

Sejak 2017, Andriy menjadi penasihat Walikota Lviv di bidang transportasi dan mobilitas.

Sebelumnya, dia bekerja di Dunapack Ukraina dan di Procter & Gamble di mana dia mengarahkan produksi dan memimpin tim inisiatif jaminan kualitas.

Baca juga: 5 Cara Menjadi YouTuber Sukses pada 2021

4. Dagmawit Moges

Posisi selanjutnya diisi oleh Menteri Transportasi Republik Demokratik Federal Ethiopia.

Ketika pandemi melanda Ethiopia, banyak yang meninggalkan angkutan umum.

Dagmawit berpikir bahwa dia harus kreatif untuk menyelamatkan kotanya dan menemukan cara baru untuk membantu perjalanan orang Etiopia dalam mengakses peluang.

Baca juga: Karantina Mandiri Presiden Afrika Selatan dan Keparahan Kasus Covid-19 di Afrika...

Dia meresmikan Strategi Transportasi Tidak Bermotor (Non-Motorized Transport Strategy) 2020-2029, yakni sebuah rencana untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sekaligus meningkatkan keselamatan jalan raya dan kualitas udara untuk lingkungan perkotaan yang berkembang yang akan bertahan lama setelah pandemi tahun 2020.

Dengan keyakinan pada negaranya dan rakyatnya, rencananya akan fokus pada pembangunan jalur pejalan kaki yang berkelanjutan serta aman, jalur sepeda, penyeberangan, lampu jalan yang memadai, dan penghijauan area jalan.

Dagmawit diangkat sebagai Menteri Transportasi Republik Demokratik Federal Ethiopia pada Oktober 2018. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Wali Kota dan kepala biro Urusan Komunikasi Pemerintah Kota Addis Ababa.

Baca juga: Saat Jasa Transportasi Online Kian Menjamur...

5. Arun Bothra

Dia adalah Ketua dan Direktur Pelaksana Angkutan Jalan Negara Bagian Odisha (OSRTC) dan Managing Director Capital Region Urban Transport (CRUT) Odisha, India.

Di bawah kepemimpinan Arun, sektor transportasi umum di Odisha telah mengalami perubahan yang berani melalui pemenuhan langkah-langkah ramah komuter seperti transaksi digital, pembatasan dalam bus untuk penumpang yang hanya duduk, dan penegakan strategi pencegahan Covid-19 yang ketat.

Di bus, Arun mengenakan masker, disinfeksi rutin, dan jarak sosial, sehingga mengurangi ketakutan penduduk untuk naik angkutan umum lagi.

Baca juga: Bukan China, India Jadi Episentrum Baru Virus Corona di Asia

Selama pandemi, Arun mengumpulkan lebih dari 1.200 pengemudi bus dan kondektur di seluruh negara bagian Odisha untuk program pelatihan virtual yang berlangsung selama dua minggu.

Dia menyebarkan pengetahuan dan keterampilan tentang topik seperti praktik mengemudi yang aman dan hemat bahan bakar, layanan pelanggan, sensitivitas gender serta praktik pemeliharaan bus yang baik.

Seorang perwira senior dan dihormati dari Layanan Polisi India, Arun memulai tugas transportasi umum pertamanya pada Juni 2019 sebagai Managing Director CRUT.

Sebelumnya, dia bekerja sebagai CEO dari utilitas suplai listrik pusat Odisha dan di Biro Investigasi Pusat di New Delhi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Pajak Pulsa, Kartu Perdana, dan Token Listrik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com