Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Kapal Dona Paz di Filipina, 4.386 Orang Meninggal

Kompas.com - 20/12/2020, 11:32 WIB
Tita Meydhalifah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Hari ini, 33 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 20 Desember 1987, terjadi tabrakan antara kapal feri Dona Paz (2.215 ton) dengan kapal tanker minyak MT Victor (629 ton) di Filipina.

Tabrakan kapal tersebut merupakan bencana maritim terburuk di dunia karena menewaskan 4.386 orang dan hanya 26 orang yang selamat.

Dilansir dari Esquire (20/12/2018), terdapat 1.000 penumpang anak di bawah usia 4 tahun yang tidak tercatat, serta 1.000 penumpang tentara atau sekitar satu batalion yang naik terakhir sebelum keberangkatan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kapal Titanic Tenggelam, 1.500 Orang Meninggal

Jumlah korban ini jauh melebihi korban yang meninggal dari kecelakaan kapal Titanic di Atlantik Utara dengan korban meninggal sebanyak 1.490 orang dari 2.201 penumpang.

Tragedi yang dialami Dona Paz ini menambah rentetan sembilan kecelakaan laut di Filipina sejak 1986.

Kecelakaan pada Dona Paz yang berlayar dari Pulau Leyte di Filipina Tengah ini terjadi karena pemilik kapal kurang memperhatikan keselamatan penumpang dan lebih menekankan aspek bisnis.

Para penumpang diangkut oleh kapal feri yang kelebihan muatan.

Baca juga: Viral, Video Pengakuan 4 ABK Diduga Alami Penyiksaan di Kapal China

Miring ke satu sisi

Mengutip Harian Kompas (26/12/1987), pemilik feri, Sulpicio Shipping Lines bersikeras kapal hanya mengangkut 60 awak dan 1.583 penumpang yang naik di Taeloban City dan Catbalongan, sedangkan tanker Victor membawa 13 awak.

Akan tetapi, penumpang yang selamat menungkapkan bahwa jumlah penumpang feri bisa mencapai 3.000 orang karena setiap dek yang harusnya diisi oleh satu orang, justru diisi oleh empat orang.

Masih dari Esquire (20/12/2018), seorang perwira militer yang selamat dari kecelakaan, Luthgardo Niedo menceritakan, ketika ia bersama 1.000 petugas militer dan polisi menaiki Dona Paz, kapal tersebut terlihat miring ke satu sisi karena kelebihan muatan.

Para penumpang yang menjadi korban ini berasal dari kelas menengah bawah yang ingin mudik untuk merayakan Natal di Manila.

Baca juga: Mengenal Black Box, Informan Kunci Penyebab Kecelakaan Pesawat

Masih dari sumber yang sama, terjadi ledakan ketika kedua kapal tersebut bertabrakan dan api menyebar dengan sangat cepat karena terdapat tumpahan dari MT Victor yang membawa lebih dari 8.000 barel bensin dan minyak tanah.

Sebagian orang lari ke dek bawah untuk menghindari kobaran api dan asap yang tebal. Sebagian lagi memilih untuk melompat ke lautan, namun air laut pun panas karena tumpahan minyak ikut terbakar di lautan.

Bahkan, kobaran api pun masih bisa menjangkau orang-orang hingga kejauhan satu kilometer.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kapal Titanic Tenggelam, 1.500 Orang Meninggal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com